Strategi pemasaran produk-produk di KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan dalam persepktif etika bisnis islam

Mahfiroh,, Zuhrotul (2019) Strategi pemasaran produk-produk di KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan dalam persepktif etika bisnis islam. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

BMT merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang bergerak pada penghimpunan dana dan penyaluran dana. Seiring dengan perkembagan zaman dan banyaknya BMT yang bermunculan maka BMT harus meningkatkan eksistensinya dengan menerapakan strategi pemasaran yang efektif dan efesien sehingga dapat menarik perhatian para nasabah. Pemasaran merupakan ujung tobak keberhasilan suatu perusahaan dan sangat penting untuk meningkatakn jumlah nasabah. Namun pemasaran yang diterapkan harus sesuai dengan nilai-nilai etika bisnis islam dan tidak menyimpang dari ajaran islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk-produk di KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan dalam perspektif etika bisnis islam dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran produk-produk di KSPPS BMT Mitra Umat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data primer diperoleh dari wawancara dengan pihak BMT Mitra Umat sedangkan data sekunder dari buku-buku referensi untuk melengkapi dokumentasi yang telah ada. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan serta data diuji keabsahannya dengan metode triangulasi. Hasil penelitian ini adalah strategi pemasaran produk-produk di KSPPS BMT Mitra Umat Pekalongan menggunakan strategi bauran pemasaran (Marketing Mix) yang terdiri dari 4P yaitu produk, harga, distribusi, dan tempat. Pemasaran yang diterpkan sudah sesuai dengan etika bisnis islam yaitu dengan menerapkan prinsip-prinsip pemasaran seperti memiliki kepribadian spiritual, jujur dan terpercaya, menepati janji dan tidak curang, melayani dan rendah hati, serta adil dalam bisnis. Faktor pendukung kegiatan pemasaran meliputi: tertatanya manajemen, produk-produk tertata dengan baik, memiliki SDM yang berkualitas, hubungan perusahaan dengan nasabah baik, dan perkembangan tekhnologi. Sedangkan faktor penghambat kegiatan pemasaran, meliputi: faktor ekonomi masyarakat, kurangnya kesadaran masyarakat untuk berinvestasi, pasifnya promosi melalui media elektronik, tingkat persaingan tinggi antar lembaga BMT, dan kurangnya jaringan antar BMT.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTamamudin, TamamudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemasaran Produk, BMT Mitra Umat, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 27 Apr 2020 04:18
Last Modified: 27 Apr 2020 04:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/66

Actions (login required)

View Item View Item