Mufidah, Mufidah (2019) Implementasi maharah kalam dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MAN 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I -V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab di dalamnya terdapat empat keterampilan yaitu keterampilan menyimak/mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Disebut demikian, karena keterampilan berbicara menempati posisi kedua setelah keterampilan mendengar dalam pengajaran bahasa Arab. pada dasarnya seseorang mempelajari bahasa dimulai dari apa yang di dengar (mendengarkan) bahasa yang di ungkapkan oleh orang-orang di sekitarnya. MAN 2 Pekalongan merupakan madrasah yang menerapkan pembelajaran bahasa Arab di dalamnya terdapat beberapa keterampilan salah satunya maharah kalam dengan menggunakan metode yang sesuai sebagai upaya untuk melatih siswa dalam mempraktikkan bahasa Arab melalui lisan sehingga dapat mengetahui perkembangan dalam maharah kalam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi maharah kalam dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Pekalongan? dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi maharah kalam dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Pekalongan? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi maharah kalam dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi maharah kalam dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN 2 Pekalongan. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Sedangkan pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Hubermen. Hasil dari penelitian Implementasi maharah kalam pembelajaran bahasa Arab kurikulum 2013 di MAN 2 Pekalongan sudah berjalan dengan baik. Adapun tujuan implementasi ini adalah siswa dapat berkomunikasi dengan orang lain untuk mengungkapkan idea atau pikiran dan melatih siswa berbicara bahasa Arab sehingga dapat mengembangkan kemampuan berbicara dengan benar dan lancar. Pembelajaran bahasa Arab dilakukan dua jam dalam satu pertemuan. Sedangkan materi diambil dari buku ajar bahasa Arab kelas X Kementerian Agama, metode yang diterapkan yaitu metode muhadtsah dan metode audiolingual, kemudian evaluasi dilakukan secara lisan di awal pembelajaran dan tes tulis dalam Ujian Semester. Adapun faktor pendukung pembelajaran bahasa Arab yaitu semangat belajar siswa yang tinggi, profesionalisme guru, adanya motivasi dari guru dan kamus bahasa Arab sedangkan faktor penghambat pembelajaran bahasa Arab adalah latar belakang sekolah siswa yang berbeda, tingkat kemampuan siswa yang beragam, dan belum terciptanya lingkungan bahasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Maharah Kalam, Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Alghiffary | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2020 05:51 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2020 05:51 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/661 |
Actions (login required)
View Item |