Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang

Aini, Arfiyatul (2023) Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2319002 AFRIYATUL AINI BAB I-V.pdf

Download (7MB)
[img] Text (Thesis)
2319002 AFRIYATUL AINI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri yang digunakan untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 di SDN Deles 01. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan lingkungan alam menggunakan metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 SDN Deles 01. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan Perencanaan Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6 di SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. (2) Menjelaskan Proses Pemanfaatan Lingkungan alam Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6 di SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. (3) Menjelaskan Hasil Pemanfaatan Lingkungan Alam Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas 6 di SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Jenis penelitan dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi: kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan alam di SDN Deles 01 sudah dimanfaatkan dengan baik dengan menggunakan metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains. Perencanaan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6, yaitu guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan materi sebelum pembelajaran dimulai. Proses pemanfataan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 ada 2, yaitu (1) memilih metode pembelajaran yang akan digunakan (2) penggunaan metode Inkuiri dalam pemanfaatan lingkungan alam. Adapun proses pelaksanaan pembelajaran nenggunakan metode inkuiri ada 6 langkah, yaitu (1) penjelasan prosedur pembelajaran (2) menyajikanmasalah (3) pengumpulan data (4) pengajuan hipotesis (5) menguji ipotesis (6) menarik kesimpulan. Hasil dari pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 6 SDN Deles 01 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang ada 2, yaitu (1) Literasi Sains Siswa Dirumah (2) Siswa dapat menyelesaikan masalah berkaitan dengan sains (3) Peningkatan literasi sains siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan lingkungan alam, metode inkuiri, literasi sains
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:42
Last Modified: 08 Jan 2024 08:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6645

Actions (login required)

View Item View Item