Pengaruh persepsi kegiatan Muhadharah terhadap minat baca siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Pekajangan Kedungwuni Pekalongan semester gasal tahun ajaran 2016/2017

Dasman, Magdalena (2016) Pengaruh persepsi kegiatan Muhadharah terhadap minat baca siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Pekajangan Kedungwuni Pekalongan semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan.

[img] Text
2021112021 MAGDALENA DASMAN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (13MB)
[img] Text
2021112021 MAGDALENA DASMAN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MA Muhammadiyah Pekajangan merupakan sekolah yang menerapkan program kegiatan muhadharah. Kegiatan ini diselenggarakan sekolah untuk semua siswa MA Muhammadiyah Pekajangan, tidak lepas pula siswa kelas XI. Adanya kegiatan ini siswa harus mempunyai persiapan buku-buku yang berkaitan dengan kegiatan muhadharah untuk mempersiapkan materi yang akan disampaikan. Dengan begitu, suka atau tidak suka siswa harus lebih aktif membaca buku-buku yang berkaitan dengan kegiatan muhadharah dan menjadikannya sebagai suatu kebutuhan serta kewajiban membaca. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana kegiatan muhadharah, bagaimana minat baca siswa, bagaimana pengaruh persepsi kegiatan muhadharah terhadap minat baca siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Pekajangan Kedungwuni Pekalongan semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi kegiatan muhadharah, mengetahui minat baca siswa, dan mengetahui pengaruh persepsi kegiatan muhadharah terhadap minat baca siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Pekajangan Kedungwuni Pekalongan semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegiatan muhadharah kelas XI dalam kategori baik. Minat baca siswa kelas XI termasuk dalam kategori baik. Persepsi kegiatan muhadharah berpengaruh terhadap minat baca siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Pekajangan. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang diperoleh nilai ttest = 2,989, hasil tersebut menunjukkan bahwa ttest > ttabel baik pada taraf signifikan 5% (2,042) maupun 1% (2,750) yang berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara persepsi kegiatan muhadharah terhadap minat baca siswa kelas XI di MA Muhammadiyah Pekajangan Kedungwuni Pekalongan semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kegiatan Muhadharah, Minat Baca
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rosi Rosi
Date Deposited: 09 Jan 2024 03:52
Last Modified: 09 Jan 2024 03:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6657

Actions (login required)

View Item View Item