Implementasi pembelajaran nahwu sharaf dengan Kitab Amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal Jawa Tengah

Agustina, Ahri Ida (2019) Implementasi pembelajaran nahwu sharaf dengan Kitab Amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal Jawa Tengah. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (984kB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembelajaran nahwu sharaf dengan kitab Amtsilati di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal diharapkan dapat membantu peserta didik untuk dapat membaca kitab kuning dengan baik dan mampu mengi’robkannya. Dalam penelitian ini penulis memilih MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal sebagai objek penelitian karena dari hasil observasi yang di dapat kan bahwa diadakannya pembelajaran Amtsilati ini dikarenakan peserta didiknya adalah pemula dalam mempelajari kitab kuning, sedangkan pelajaran di masdrasah tersebut adalah kitab kuning, sehingga untuk mempermudah peserta didik dalam membaca kitab kuning dibutuhkan pembelajaran yang tepat dalam mempelajari ilmu alat, dan ditemukanlah metode Amsilati tersebut dan dijadikan sebagai pembelajaran di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana implementasi pembelajaran nahwu sharaf dengan kitab Amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal? Bagaimana kemampuan membaca kitab kuning pada peserta didik di kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal?dan bagaimana faktor kelebihan dan kekurangan dalam implementasi pembelajaran kitab Amtsilati kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan pembelajaran kitab Amtsilatidalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal,untuk mengetahui bagaimana kemampuan membaca kitab kuning pada peserta didik kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal, dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam implementasi pembelajaan kitab Amtsilati kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field Research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Metode ini yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Hasil penelitian iniadalah implementasi pembelajaran nahwu sharaf dengan kitab Amtsilati dalam meningkatkan kemampan membaca kitab kuning pada peserta didik kelas IX di MTs Falahul Huda Pelantungan Kendal dikatakan sudah berjalan dengan baik.Dimulai dari pemilihan metode, proses pembelajaran serta evaluasi dan Hal ini dapat dilihat dari nilai lisan dan tes tertulis pada peserta didik yaitu nilai KKM 70, yang digunakan sebagai acuan kenaikan kelas dan kelulusan siswa sedangkan kemampuan siswa dalam membaca kitab kuning dengan data observasi hasil yang diperoleh cukup memuaskan sesuai harapan. Dan metode yang di gunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning dengan metode ceramah, metode Tanya jawab dan metode drill (latihan), sedangkan faktor kelebihan dalam pembelajaran nahwu sharaf dengan kitab Amtsilati adalah kemampuan guru dalam menyampaikan materi, kesesuaian guru dalam memilih metode dalam materi pembelajaran, adanya kemampuan dan motivasi siswa, lingkungan yang mendukung dan adanya materi yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran nahwu sharaf dengan kitab Amtsilati, sedangkan faktor penghambat dalam dengan pembelajaran nahwu sharaf dengan kitab amtsilati adalah latar belakang siswa yang beragam, kemampuan siswa yang beragam, waktu yang diberikan untuk jam pelajaran Amtsilati kurang maksimal dalam menyampaikan materi serta media pembelajaran yang sederhana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Nahwu Sharaf,Membaca Kitab Kuning
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 12 Jun 2020 06:31
Last Modified: 12 Jun 2020 06:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/666

Actions (login required)

View Item View Item