Analisis kecenderungan metode dan tema penelitian mahasiswa PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dari tahun 2019-2022

Astuti, Eka Puji (2024) Analisis kecenderungan metode dan tema penelitian mahasiswa PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dari tahun 2019-2022. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319038_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319038_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana, skripsi harus memenuhi kriteria yaitu harus merupakan karya ilmiah asli hasil penelitian dengan metode yang benar, merupakan karya ilmiah yang menunjukkan kemampuan mahasiswa yang bersangkutan dalam pengembangan dan penerapan teori dalam bidang pendidikan dan masing-masing jurusan memiliki aturan tersendiri bagi mahasiswanya untuk menyusun skripsi dan tatacarapenulisan harus disesuaikan dengan buku pedoman Penulisan skripsi yang diterbitkan masing-masing jurusan. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah sebagai program studi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan diharapkan menjadi program studi yang selalu memberikan konstribusi bagi dunia pendidikan khususnya pendidikan dasar. Sebagian banyak mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah jika ditanya apa penelitian yang kalian buat? Jawaban yang keluar adalah “kualitatif”. Mereka menjawab dengan metode yang digunakan bukan masalah yang diangkat menjadi judul skripsi. Bagi mereka metode kualitatif adalah metode yang paling mudah untuk mendeskripsikan masalah dalam penelitian mereka. Hal ini mungkin terjadi karena dalam kenyataannya sering digunakan untuk penelitian skripsi mahasiswa. Berawal dari masalah masalah tersebut, rumusan masalah yang diajukan adalah: 1) Bagaimana kecenderungan metode penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan?, 2) Bagaimana kecenderungan tema penelitian oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian dengan tema yang disebutkan adalah mengetahui dan melakukan analisis terhadap kecenderungan metode dan tema penelitian mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Jenis pendekatan dalam penelitian yang dilakukan adalah penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (Library research), metode yang digunakan ialah dokumentasi dan analisis isi sebagai alat untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Kecenderungan skripsi mahasiswa Prodi PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan tahun 2019-2022 ditinjau dari aspek Metode atau jenis penelitian mahasiswa menunjukan bahwa metode kualotatif dan R&D mengambil 82,5% dari total populasi; 2) Tema atau isu penelitian akhir mahasiswa prodi PGMI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan selama kurun 4 tahun terakhir didominasi dari aspek profesionalisme guru, proses, media, metode dan model pembelajaran sebanyak 80% dan presentase 20% untuk aspek lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusanto, Nanang HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kecenderungan, metode, tema, penelitian
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Jan 2024 06:19
Last Modified: 21 Feb 2024 03:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6684

Actions (login required)

View Item View Item