Implementasi Program Market Day Dalam Menumbuhkan Kewirausahaan Peserta Didik Di Sd Negeri Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Safitri, Quni' Muizzah (2024) Implementasi Program Market Day Dalam Menumbuhkan Kewirausahaan Peserta Didik Di Sd Negeri Sidorejo Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319174_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2319174_FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi program market day di SD Negeri Sidorejo yang merupakan program dengan istilah baru dulunya berada dalam pelajaran muatan lokal dan sekarang tercipta program baru yang dinamakan market day. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program market day dalam menumbuhkan kewirausahaan peserta didik SD Negeri Sidorejo serta mengentahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengimplementasikan program market day SD Negeri Sidorejo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan case study karena dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Oleh karena itu, dalam analisis data penelitian akan menggunakan empat langkah utama dalam penelitian ini, yaitu: Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa impelementasi program market day di SD Negeri Sidorejo terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan pelaksanaanya yaitu mengadakan rapat antara guru dan stakeholder yang mana membahas mengenai penentuan waktu pelaksanaan market day, menentukan jumlah stand yang akan disedikan, menentukan jenis produk yang akan dijual, membuat kelompok, menjelaskan resiko yang didapat, membuat peraturan yang harus dilaksanakan. Pada tahap pelaksanaan runtutannya yaitu peserta didik yang bertugas sebagai penjual menata stand dan menata produk yang akan dijual, peserta didk yang bertugas sebagai pembeli dipersilahkan untuk berkeliling melihat-lihat produk yang dijual dan dapat membelinya, setelah kegiatan selesai seluruh peserta didik diminta untuk membersihkan area sekolahan. Pada tahap evaluasi pelaksanaanya yaitu wali kelas 4, 5, 6 memasuki ruang kelas yang mana mengadakan diskusi dengan peserta didik mengenai kegiatan market day yang baru dilaksanakan, kemudian guru membagikan LKPD kepada peserta didiknya. Kegiatan market day pastinya terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Faktor pendukungnya yaitu antusias peserta diidk dalam pelaksanaan program market day, potensi peserta didik dalam berwirausaha, sumber daya manusia yang memadai, tempat dan fasilitas yang mendukung, dukungan orantua peserta didik. Faktor penghambatnya yaitu keterbatasan waktu, keterbatasan anggaran, cuaca yang tidak dapat ditebak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTabi'in, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Market Day, Kewirausahaan, Kewirausahaan Peserta Didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:30
Last Modified: 14 Mar 2024 04:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6686

Actions (login required)

View Item View Item