Eksperimentasi metode diskusi kelompok kecil terhadap hasil belajar PKn di MI Darussalam Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang

Hanifah, Khisma Yusfi Umni (2023) Eksperimentasi metode diskusi kelompok kecil terhadap hasil belajar PKn di MI Darussalam Juragan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317133_COVER BAB 1 DAN 5_DP_B5.pdf

Download (15MB)
[img] Text
2317133_FULL TEXT_B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pembelajaran PKn di MI Darussalam Juragan ada permasalahan yaitu proses belajar mengajar yang cenderung menggunakan metode ceramah dan belum divariasikan dengan metode lain. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa rendah dan aktivitas belajar siswa juga tidak terlihat dalam proses belajar mengajar. Salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan metode diskusi kelompok kecil dalam pembelajaran PKn , dengan metode ini diharapkan siswa lebih bersemangat dan lebih mengerti semua materi pelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini. 1)Bagaimana hasil belajar sebelum diterapkan metode diskusi kelompok kecil siswa di kelas IV MI Darussalam Juragan Kabupaten Batang? 2)Bagaiman a hasil belajar sesudah diterapkan metode diskusi kelompok kecil siswa di kelas IV MI Darussalam Juragan Kabupaten Batang? 3)Apakah ada perbedaan antara sebelum dan sesuadah diterapkan metode diskusi kelompok kecil siswa kelas IV MI Darussalam Juragan Kabupaten Batang. Jenis penelitian yang digunakan disini merupakan penelitian lapangan. Dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini yakni kelas IV. Hasil penelitian menjukkan bahwa hasil belajar PKn siswa kelas IV dengan menggunakan metode diskusi kelompok kecil. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa 1) Hasil belajar PKn sebelum diterapkan metode diskusi kelompok kecil di MI Darussalam Juragan diperoleh nilai rata-rata 64,88. 2) Hasil belajar PKn sesudah diterapkan metode diskusi kelompok kecil di MI Darussalam Juragan diperoleh nilai rata-rata 86,92. 3) Terdapat perbedaan belajar metode diskusi kelompok kecil terhadap hasil belajar PKn di MI Darussalam Juragan. Hal ini dibuktikan bahwa uji hipotesis pada kelas IV tersebut, maka hasil yang diperoleh adalah 0,000 nilai tersebut lebih kecil dari Sig.(2-failed) α = 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga Ha dapat diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan sebelum dan sesudah diterapkan metode diskusi kelompok kecil terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV MI Darussalam Juragan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHayudinna, Hafizah GhanyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode diskusi kelompok kecil, hasil belajar siswa, mata pelajaran PKn
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jan 2024 07:57
Last Modified: 21 Feb 2024 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6696

Actions (login required)

View Item View Item