Strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab kelas V di MIN 2 Pemalang

Aida, Rudhotul (2023) Strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran bahasa arab kelas V di MIN 2 Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2023116087_RODHOTUL AIDA BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Thesis)
2023116087_RODHOTUL AIDA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi pembelajaran adalah pola yang menggambarkan aktivitas pendidik dan peserta didik pada suatu pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V MIN 2 Pemalang adalah kesulitan dalam menghafal dan mengingat mufrodat, kesulitan menentukan dhommir dan kesulitan menerjemahkan bacaan Arab. Strategi yang digunakan guru dengan mengenali siswa yang mengalami kesulitan belajar lalu memberikan arahan dan bimbingan kepada siswa terkait kesulitan yang dihadapi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas V di MIN 2 Pemalang? (2) Apa saja faktor yang mendukung dan menghambat strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas V di MIN 2 Pemalang? Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan”strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran Bahasa Arab di MIN 2 Pemalang. (2) Untuk mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat strategi guru kelas dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di MIN 2 Pemalang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (research field) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa data model miles dan Huberman, diantaranya: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini guru melakukan beberapa strategi, antara lain: mengenali terlebih dahulu siswa yang mengalami kesulitan belajar, melakukan tindakan bantuan berupa metode setoran hafalan, melakukan pembiasaan membaca materi Bahasa Arab bersama-sama, melakukan pengulangan penjelasan materi, mengadakan remidial untuk siswa yang mendapatkan nilai kurang dan mengajukan pertanyaan kepada siswa yang tidak memperhatikan. Adapun faktor yang mendukung, antara lain: siswa juga belajar di madrasah diniyah serta kemampuan dan minat siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Arab. Faktor yang menghambat, diantaranya: kurangnya pemahaman siswa, timbul rasa malas dalam diri siswa serta adanya keterbatasan alat peraga untuk menunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, kesulitan belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 11 Jan 2024 08:42
Last Modified: 11 Jan 2024 08:42
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6704

Actions (login required)

View Item View Item