Pemanfaatan metode show and tell dalam pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik kelas III di MI NU 01 Kemantran Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal

Indriati, Dyah Khafidoh (2023) Pemanfaatan metode show and tell dalam pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik kelas III di MI NU 01 Kemantran Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2319010_DYAH KHAFIDOH INDRIATI BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Thesis)
2319010_DYAH KHAFIDOH INDRIATI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode show and telladalahmetode yang dilakukan dengan cara menunjukkan benda-benda yang dikenal anak dan diceritakan oleh anak di depan kelas secara bergantian. Metode show and tell sangat perlu dimanfaatkan pada pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik kelas III karena menjadi bahan peserta didik dalam mengekspresikan suatu hal yang ingin disampaikan dan dipresentasikan. Pada kelas III adalah masa peralihan peserta didik dari kelas rendah ke kelas tinggi sehingga peningkatan untuk memiliki rasa percaya diri dan berani menyampaikan pendapat serta berbicara didepan umum sangatlah penting bagi peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk menguraikan pemanfaatan metode show and tell dalam pembelajaran keterampilan berbicara, untuk mendeskripsikan faktor penghambat pemanfaatan metode show and tell dalam pembelajaran keterampilan berbicara, untuk menganalisis pentingnya pemanfaatan metode show and telldalam pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik kelas III di MI NU 01 Kemantran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan field research.Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu wali kelas III dan peserta didik kelas III. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen. Adapun untuk teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, Hasil penelitian menunjukkan bahwa, metode show and tellsebagai subjeknya memiliki pemanfaatandalam pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik kelas III di MI NU 01 Kemantran, diantarnya pemanfaatannya peserta didik memiliki keterampilan berbicara, memiliki kepercayaan diri dan berani dalam menyampaikan pendapat. Kemudian untuk hasil dari pemanfaatan metode show and tell dalam pembelajaran keterampilan berbicara peserta didik kelas III di MI NU 01 Kemantrandibuktikan dengan: Peserta didik berani berbicara di depan umum, peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik dan sebagai pengembangan potensi diri peserta didik. Lalu pada pemanfaatan metode show and tell dalam pembelajaran keterampilan berbicara, pasti ada faktor penghambanya. Emosional anak, waktu yang terbatas dan guru sebagai fasilitator harus pintar dalam mengolah kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode show and tell, pembelajaran, keterampilan berbicara
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 11 Jan 2024 09:21
Last Modified: 11 Jan 2024 09:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6708

Actions (login required)

View Item View Item