Pemasaran Transportasi Online Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada GO-JEK Cabang Pekalongan)

HAMZAH, KHAERUN (2018) Pemasaran Transportasi Online Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada GO-JEK Cabang Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.

[img] Text
2013311012 KHAERUN HAMZAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text
2013311012 KHAERUN HAMZAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi yang nyaman, aman dan murah selama ini menjadi dambaan. Perkembangan teknologi yang semakin massif pada akhirnya mampu menjawab tantangan itu.Go-Jek merupakan salah satu aplikasi berbasis teknologi yang memudahkan individu melakukan mobilisasi. Tujuan penelitian ini adalah untukm engetahui cara kerja pemasaran Go-Jek, faktor yang mendorong individu untuk menggunakan jasa Go-jek dan bergabung menjadi pengemudi Go-Jek serta kontribusi social Go-jek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana data di dapatkan dari wawancara dengan pengemudi dan pelanggan gojek yang beroperasi di Pekalongan.Untuk mendapatkan data yang mendalam dan komprehensif maka pengemudi dan pelanggan yang dipilih di dasarkan atas pertimbangan usia dan gender. Ada 16 informan yang terlibat dalam penelitian ini. Dimana masing-masing informan berasal dari beragam latar belakang social ekonomi yang berbeda. Gojek menawarkan sistem kerja yang efektif dan efisien dimana gojek tidak hanya menyediakan aplikasi teknologinya tetapi juga melakukan rekruitmen hingga menghubungkan driver dengan penumpang. Bisnis ini sangat menjanjikan karena gojek tinggal mengelola system aplikasinya sedangkan sepeda motor sebagai modal transportasi dimiliki secara personal oleh driver. Faktor yang mendorong wer tertarik untuk bekerja ngojek antara lain melihat pada hasil, flexibilitas jam kerja, bias menjadi pekerjaan sampingan, ajakanteman, status pekerjaan, tambah teman, system kerja, dan kebutuhan akan pekerjaan. Gojek mengubah cara orang menempatkan tukan gojek menjadi lebih dihargai dimana ditunjukkan dengan minat masyarakat untuk menjadi driver gojek dan pendapatan yang menggiurkan. Kontribusi social keberadaan gojek ada pada kontribusi dalam penyerapan tenaga kerja, menciptakan peluang pekerjaan dalam jumlah besar, alternative pilihan pekerjaan. menciptakan status pekerjaan yang baru, alternative pengisi waktu luang. kemandirian ekonomi, menciptakan peluang yang sama bagi siapa saja untuk mandiri secara ekonomi dengan modal yang tidak besar, melatih kemandirian sosial, mendorong perubahan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAenurofik, AenurofikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gojek. Etika, Transportasi Online
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 18 Jan 2024 09:13
Last Modified: 18 Jan 2024 09:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6780

Actions (login required)

View Item View Item