Salamah, Umi (2023) Implementasi penerapan strategi pembelajaran aktif melalui metode diskusi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTS Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
2117064_UMI SALAMAH BAB I-V.pdf Download (1MB) |
|
Text (Thesis)
2117064_UMI SALAMAH FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam dunia pendidikan salah satunya adalah kurangnya minat siswa dalam belajar. Belajar merupakan proses aktif. Sehingga keaktifan siswa dalam belajar sangatlah diperlukan. Setiap siswa memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Mata pelajaran dapat mempengaruhi kondisi belajar siswa, misalnya mata pelajaran Akidah Akhlak. Mata pelajaran ini sering kali dianggap remeh oleh siswa. Hal ini dikarenakan mata pelajaran Akidah Akhlak terlalu gampang dan sudah pernah diajarkan di tingkat Sekolah Dasar. Selain itu, metode guru yang monoton juga dapat mempengaruhi proses belajar. Siswa akan cenderung bosan dan tidak memperhatikan. Untuk memaksimalkan proses pembelajaran dan keaktifan siswa diperlukan strategi dan metode yang tepat bagi guru dalam mengajar. Rumusan masalah yang dikaji yaitu bagaimana implementasi dan problematika dalam menerapkan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode diskusi serta strategi guru dalam mengelola diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan problematika yang terjadi dalam menerapkan strategi pembelajaran aktif dengan diskusi pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII. Penelitian ini dapat secara teoritis memberikan pemahaman pengetahuan tentang strategi pembelajaran aktif dengan metode diskusi dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Dan juga sebagai bahan masukan dalam menciptakan suasana belajar mengajar aktif yang secara praktik dapat bermanfaat bagi seluruh komponen dalam satuan pendidikan Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data. Pada penulisan data, penulis menggunakan metode deskriptif dengan mendeskripsikan hasil penelitian yang telah didapat melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa implementasi penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan metode diskusi berjalan aktif dan kondusif, dimana dalam pelaksanaannya dilakukan dengan beberapa tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun problematika yang terjadi antara lain alokasi waktu yang relatif lama, banyak siswa yang cenderung diam dan pasif, serta kurangnya penguasaan materi diskusi. Strategi guru dalam mengelola diskusi yaitu mengembangkan sikap berfikir kritis dan kreatif siswa, mengajar dengan aktif dan interaktif, serta membangkitkan minat belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran diskusi kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Aktif, belajar, strategi, diskusi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2024 08:53 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jan 2024 08:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6783 |
Actions (login required)
View Item |