Shulha, Nadiah (2019) Implementasi Metode Al-Imlā’ Al-Istimā’i dalam Pembelajaran Mahārah Kitābah di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan menulis dengan metode imla’ yang dihadapi siswa dalam mempelajari bahasa Arab dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan bahasa Arab dikalangan siswa itu sendiri, hal ini disebabkan oleh perbedaan latar belakang sekolah sebagian bersal dari sekolah dasar (SD) yang belum mengenal bahasa Arab sama sekali dan belum pernah mempelajarinya. Disamping itu, yang berasal dari madrasah ibtidaiyyah (MI) tidak semua mampu menuliskan kalimat bahasa Arab secara benar. Metode al-imlā’ al-istimā’i merupakan salah satu metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas IX.1 MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Metode ini digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis kalimat bahasa Arab dengan tepat dan benar tanpa melihat contoh tulisan dari guru, melainkan mengandalkan hasil kecermatan siswa dalam mendengarkan bacaan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah (1) Bagaimana implementasi metode al-imlā’ al-istimā’i dalam pembelajaran mahārah kitābah siswa kelas IX.1 di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode al-imlā’ al-istimā’i dalam pembelajaran mahārah kitābah siswa kelas IX.1 di MTs NU Tirto? Adapun tujuan tujuan penelitian ini antara lain: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode al-imlā’ al-istimā’i dalam pembelajaran mahārah kitābah siswa kelas IX.1 di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan. (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode al-Imlā’ al-istimā’i dalam pembelajaran mahārah kitābah siswa kelas IX.1 di MTs NU Tirto. Dalam penelitian ini, pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode al-imlā’ al-istimā’i dalam pembelajaran maharah kitabah di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan sudah baik hal ini terbukti dengan adanya respon yang baik dari siswa ketika materi imlā’ dibacakan siswa mendengarkan dengan cermat kemudian menuliskan kalimat-kalimat di buku tulis masing-masing. Selain itu hasil evaluasi siswa juga terlihat sudah baik, hal itu dibuktikan dengan hasil nilai evaluasi yang dilakukan guru, yaitu post test dan keaktifan siswa. Rata-rata hasilnya memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Al-Imlā’ Al-Istimā’i, Pembelajaran Mahārah Kitābah. | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Alghiffary | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2020 07:55 | ||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2021 02:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/679 |
Actions (login required)
View Item |