Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Juz ‘Amma Pada Anak Usia Dini Di RAM NU Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan

Ummi, Farkhatul (2024) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Hafalan Juz ‘Amma Pada Anak Usia Dini Di RAM NU Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2420048_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2420048_Full Text.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa strategi yang diterapkan guru merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilah peserta didik dalam proses menghafal al-Qur’an. Terkait hal tersebut, guru di RAM NU Desa Rowolaku menerapkan strategi menghafal juz ‘amma untuk memudahkan peserta didik dalam proses menghafal juz ‘amma. Fokus pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma pada anak usia dini?, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma pada anak usia dini. Menghafal al-Qur’an bukan hal yang mudah dilakukan, banyak masalah yang akan dihadapi seperti penghafal al-Qur’an, masih banyak yang belum bisa menghafal sesuai dengan makhraj dan tajwidnya apalagi anak-anak yang masih belajar membaca dan menghafal al-Qur’an, sehingga masih banyak juga anak yang bacaanya belum mutqin. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya muraja’ah dalam mengulang hafalan al-Qur’an dikarenakan waktu dan anak-anak yang masih suka dengan bermain. Banyak metode yang diterapkan dalam evaluasi hafalan al-Qur’an, salah satunya yaitu dengan strategi pengulangan ganda, tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum benar-benar hafal, dan menghafal urutan yang dihafalkan. Metode ini diterapkan dalam evaluasi hafalan juz ‘amma di RAM NU Desa Rowolaku untuk mengetahui seberapa kemampuan hafalan al-Qur’an setiap anak. Pada penelitian ini, peneliti merumuskan dua rumusan masalah yang akan diangkat kedalam penelitian ini diantaranya bagaimana strategi guru dalam menongkatkan hafalan juz ‘amma pada anak usia dini dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru dalam meningkatkan hafalan juz ‘amma pada anak usia dini di RAM NU Desa Rowolaku. Penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data yang diambil dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik menganalisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa hasil dari tahapan yang dilakukan: tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dengan membuat target hafalan 1 juz lalu membuat jadwal urutan ujian. Tahap evaluasi dari pelaksanaan tersebut dilakukan dengan memberitahu hasil dari kesalahan anak ketika ujian yang meliputi makhrijul huruf , tajwid, panjang pendeknya, dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Hafalan Juz Amma, Anak Usia Dini
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:38
Last Modified: 20 Feb 2024 07:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6830

Actions (login required)

View Item View Item