Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MIS Pasirsari 01 Pekalongan

Rahmawati, Ida Syarifah (2015) Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di MIS Pasirsari 01 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021110015 IDA SYARIFAH RAHMAWATI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (15MB)
[img] Text (Thesis)
2021110015 IDA SYARIFAH RAHMAWATI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan motivasi siswa dalam belajar adalah adanya perhatian dari orang tua dalam membimbing dan mengarahkan putra-putrinya dalam belajar. Adanya motivasi dan perhatian dari orang tua akan membuat anak akan merasa lebih diperhatikan kebutuhan belajamya, sehingga semangat anak untuk belajar akan bertambah pula. Motivasi dan perhatian dari orang tua bagi anak dalam belajar dapat berupa menemani saat anak belajar, berdiskusi tentang masalah pelajaran, memperhatikan peralatan tulis menulisnya, membanto membuat pekerjaan rumah, dan lain sebagainya. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana perhatianorang tua di MIS Pasirsari 01 Pekalongan? Bagaimana motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan? Bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perhatian orang tua di MIS Pasirsari O 1 Pekalongan, untuk mengetahui motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari O 1 Pekalongan, untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari O 1 Pekalongan. Kegunaan penelitian untuk memberikan informasi bagi orang tua tentang pentingnya perhatian orang tua dalam mendampingi anak belajar agar anak memiliki motivasi belajar yang baik di madrasah. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan rumus statistik regresi linear. Berdasarkan pada analisis yang telah dibuat, maka penulis menyimpulkan bahwa: Pertama, Perhatian orang tua di MIS Pasirsari O 1 Pekalongan adalah baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai angket tentang perhatian orang tua di MIS Pasirsari O 1 Pekalongan (V ariabel X) sebesar 66,81 % berada pada interval 62,5 % :S % :S 81,25 % yang berarti berada pada kategori baik. Jika dilihat dari jumlah skor angket tentang perhatian orang tua di MIS Pasirsari O 1 Pekalongan (Variabel X) sebesar 2138 berada pada interval 2000 :S skor :S 2600 yang termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 67. Kedua, Motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini ditunjukkan dari nilai angket tentang motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan (Variabel Y) sebesar 57,68 % berada pada interval 43,75 % :S % :S 62,5 % yang berarti berada pada kategori cukup baik. Jika dilihat dari jumlah skor angket tentang motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan (Variabel Y) sebesar 1'846 berada pada interval 1400 :S skor :S 2000 yang termasuk dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 58. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus regresi didapatkan hasil ttest = 3,335 dengan N= 32. Pada tingkat signifikan 5 % nilai ttabel = 2,041 maka ttest > ttabel = 3,335 > 2,041, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan. Maka hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima kebenarannya. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS versi 20 diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) yang ditunjukkan pada R Square yaitu 0,269 atau sebesar 26,9 %. Hal ini berarti bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel X (perhatian orang tua di MIS Pasirsari 01 Pekalongan) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan) adalah sebesar 26,9 % sedangkan sisanya yakni sebesar 73,1 % dipengaruhi oleh variabel lain. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai persamaan regresi linear Y = 28,491 + 0,437 X yang berarti bahwa setiap peningkatan pada variabel X berakibat pada peningkatan variabel Y sebesar 0,437. Hal ini berarti bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan adalah positif. Hasil ini dapat dikatakan bahwa semakin baik perhatian orang tua di MIS Pasirsari 01 Pekalongan maka semakin bagus pula motivasi belajar siswa di MIS Pasirsari 01 Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 22 Jan 2024 07:07
Last Modified: 22 Jan 2024 07:07
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6835

Actions (login required)

View Item View Item