Fauziyah, Nurul (2014) Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur'an dan Al-Hadits di PAUD Terpadu Qurrota A'yun 01 Aisyiyah Kelurahan Dukuh Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2021110023 NURUL FAUZIYAH BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (14MB) |
|
Text (Thesis)
2021110023 NURUL FAUZIYAH FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (22MB) |
Abstract
Pada era ini, banyak berkembang pendidikan bagi anak usia dini yang lebih dikenal dengan istilah PAUD. Pendidikan anak usia dini adalah suatu proses pembinaan tumbuh kembang anak usia lahir hingga enam tahun yang mencakup aspek fisik dan non fisik dengan memberikan rangsangan bagi perkembangan jasmani, rohani, motorik, aka! pikir, emodional, dan sosial yang epat agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. PAUD Terpadu Q rrota A'yun 01Aisyiyah merupakan salah satu PAUD yang menekankan pembelajarannya pada pengetahuan agarna. Salah satu pembelajaran agamanya adalah Al-Qur'an dan Al• hadits yang merupakan pedoman umat Islam yang perlu dan pe~ting diaiarkan pada anak. Dan ha! tersebut akan mudah ditanamkan ketika anak dada usia masih dini. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaima a pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dan Al-Hadits di PAUD Terpadu Qurrota A'yun 01 Aisyiyah Kelurahan Dukuh Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dan Al-Hadits di PAUD Terpadu Qurrota A'yun 01 Aisyiyah Kelurahan Dukuh Pekalong n? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pe nbelajaran AI• Qur'an dan Al-Hadits di PAUD Terpadu Qurrota A'yun 01 Aisyi ah Kelurahan Dukuh Pekalongan.Untuk mendeskripsikan faktor pendukung d n penghambat pelaksanaan pernbelajaran Al-Qur'an dan Al-Hadits di PAUD T rpadu Qurrota A'yun 01 Aisyiyah Kelurahan Dukuh Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan untuk menambah wawasan tentang pelaksanaan pe belajaran Al• Qur'an dan Al-Hadits bagi anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dalah dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancar , dokumentasi dan observasi sedangkan teknik analisis datanya dengan teknik analisis berpikir induktif yaitu menganalisis fakta-fakta atau peristiwa khusus yang terjadi di PAUD Terpadu Qurrota A'yun 01 Aisyiyah Pekalongan ke udian ditarik generaliasasi-generalisasi yang bersifat umum. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dan Al-Hadits di PAUD Terpadu Qu ota A 'yun O I Aisyiyah Kelurahan Dukuh Pekalongan dilaksanakan setiap pagi pukul 08.00-08.30 WIB. Pembelajaran dimulai dengan jurnal pagi pukul 07.30 seperti jalan-jalan atau bemyanyi, pada pukul 08.00 pembelajaran Al-Qur 'an dan AI-Hadits dimulai dengan membaca doa tanda dimulainya pembelajaran, kemudian BTQ (baca tulis qur'an), setelah itu membaca surat-surat pendek seperti !Al-Fatihah, Al• lkhlas, An-Nas dan surat pendek lainnya sesuai dengan materi pada hari tersebut. Kemudian, pembelajaran dilanjutkan dengan me:nbaca doa-doa haf1an seperti doa sebelum belajar, doa kedua orang tua dan Jain-lain, selanjut ya anak-anak membaca hadits-hadits seperti hadits kasih sayang, hadits larangan marah dan sebagainya. Dan setelah itu anak-anak kembali diajak bemyanyi, salam sapa dan juga berbagi cerita. Hal tersebut dilakukan untuk mengum~ulkan kembali konsentrasi mereka sebelum melanjutkan pembelajaran beri utnya. Faktor pendukung dari pelaksanaan pembelajaran AI-Qur'an dan Al-hadits di PAUD Terpadu Qurrota A'yun 01 Aisyiyah Kelurahan Dukuh Pekalongan selain buku pedoman Al-Qur'an dan Al-Hadits adalah minat dan bakat anak, motivasi keluarga, kecerdasan anak dan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan pembelajaran, faktor pendukung dan penghambat | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ridho Aji Anggana | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2024 07:54 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2024 07:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6843 |
Actions (login required)
View Item |