Izzati, Annisa Nurul (2023) komparasi hasil belajar daring pada masa pandemi covid-19 dengan hasil belajar luring pada masa pasca pandemi mata pelajaran pendidikan agama islam di. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text (Thesis)
2118366_ANNISA NURUL IZZATI BAB I-V.pdf Download (2MB) |
|
Text (Thesis)
2118366_ANNISA NURUL IZZATI FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan kebutuhan yang mendasar setiap insan manusia. Pendidikan sebagai upaya dalam bentuk pengajaran dan bimbingan untuk menyiapkan siswa sebagai generasi penerus bangsa di masa yang akan datang. Pada 31 Desember 2019 muncul kasus baru yang diakibatkan oleh virus corona atau yang biasa dikenal dengan virus COVID-19 (Corona Virus Desese-2019). Kebijakan pendidikan di Indonesia salah satunya adalah dengan melakukan pembelajaran secara daring untuk meminmalisir penyebaran kasus COVID-19. Salah satunya kebijakan dalam dunia Pendidikan yaitu diberlakukannya pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Seiring berjalannya waktu, kasus COVID-19 mengalami penurunan kasus yang signifikan dan pembelajaran secara tatap muka sudah bisa dilakukan secara tatap muka. Melihat dari kedua metode pembelajaran itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar daring pada masa covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, untuk mendeskripsikan hasil belajar luring pada masa pasca pandemic covid-19 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan untuk mendeskripsikan perbedaan antara hasil belajar daring dengan hasil belajar luring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Wiradesa Pekalongan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 remaja. Jenis analisis data menggunakan analisis komparasi T sampel Independen dengan bantuan program SPSS 29. Berdasarkan penelitian menunjukan adanya perbedaan antara hasil belajar daring dengan hasil belajar luring yang mana dari independent samples T-tes nilai signifikansi 0,006. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05. Maka keputusan yang diambil dari hasil uji ini adalah Ha diterima dan Ho ditolak. Melihat dari hasil persentase distribusi data menunjukan pada pembelajaran daring 70% siswa mendapatkan nilai baik, 30% siswa mendapat nilai amat baik, dan pada pembelajaran luring 56% siswa mendapatkan nilai baik, 44% siswa mendapat nilai amat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Daring, luring, hasil belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2024 09:57 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2024 09:57 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6848 |
Actions (login required)
View Item |