Rohyadi, Rohyadi (2015) Pengaruh Perhatian Orang TuaTerhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas VI MI Al-Mua Wanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (THESIS)
2021311062 ROHYADI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (11MB) |
|
Text (THESIS)
2021311062 ROHYADI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (25MB) |
Abstract
Perhatian orang tua memiliki fungsi yang cukup besar untuk menghantarkan anak mereka pada keberhasilan dalam belajar. Dengan adanya perhatian dari orang tua untuk mendampingi anaknya dalam belajar mak:a anak: akan memiliki semangat dan motivasi untuk belajar sehingga hasil belajar anak di madrasah akan meningkat. Hasil belajar pada diri siswa dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain: ekonomi keluarga, kesehatan, sarana dan prasarana, motivasi, lingkungan, dan lain sebagainya. Untuk itu dibutuhkan bimbingan dan arahan yang serius baik dari orang tua maupun guru untuk terns mengawasi pola belajar pada anak sehingga dapat memiliki prestasi akademik yang baik di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana perhatian orang tua siswa kelas VI MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015? Bagaimana hasil belajar PAI siswa kelas VI MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015? Bagaimana pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VI MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perhatian orang tua siswa, untuk mengetahui hasil belajar PAI siswa, dan intuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar • PAI siswa kelas VI MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Kegunaan penelitian untuk memberikan wawasan keilmuan bagi guru di MI Al-Muawanah Kendalrejo dalam mendidik siswanya agar memiliki hasil belajar yang baik. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis kuantitatif dengan rumus regersi, Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Perhatian orang tua siswa kelas VI di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah termasuk dalam kategori sering. Kedua, Hasil belajar PAI siswa kelas VI MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 adalah baik. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VI di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Setelah dilakukan perhitungan dengan rumus regresi didapatkan hasil ttest = 36,2 dengan N = 42. Pada tingkat signifikan 1 % nilai ttabel = 2,704 maka ttest > ttabel = 36,2 > 2,704. Sedangkan pada tingkat signifikan 5% nilai 1:tabe1 = 2,021 maka !test> 1:tabei = 36,2 > 2,021, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar PAI siswa kelas VI di MI Al-Muawanah Kendalrejo Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Maka hipotesis yang peneliti ajukan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar PAI Siswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jan 2024 01:47 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jan 2024 02:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6851 |
Actions (login required)
View Item |