Pelaksanaan Pembelajaran Membaca dan Menulis Al Qur'an pada Anak Usia Dini di TPQ Madinatul Ulum Kelurahan Pasirsari Pekalongan

Islarniyah, Nur (2014) Pelaksanaan Pembelajaran Membaca dan Menulis Al Qur'an pada Anak Usia Dini di TPQ Madinatul Ulum Kelurahan Pasirsari Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110034 NUR ISLAMIYAH BAB 1, V DAN LAMPIRAN.PDF

Download (5MB)
[img] Text
2021110034 NUR ISLAMIYAH BAB 1 - V FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa belajar membaca dan menulis Al Qur'an pada anak usia dini merupakan faktor terpenting dalam kehidupan manusia. Suatu proses pembelajaran tidak dapat berlangsung tanpa adanya komponen-komponen pembelajaran, begitu pula dengan proses pembelajaran membaca dan menulis Al Qur' an pada anak usia dini. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis Al Qur'an pada anak usia dini di TPQ Madinatul Ulum Kelurahan Pasirsari Pekalongan? Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran membaca dan menulis Al Qur'an pada anak usia dini di TPQ Madinatul Ulum Kelurahan Pasirsari Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca dan menulis Al Qur'an pada anak usia dini di TPQ Madinatul Ulum Kelurahan Pasirsari Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung pembelajaran mernbaca dan menulis Al Quran pada anak usia dini di TPQ Madinatul Ulum Kelurahan Pasirsari Pekalongan. Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan informasi calon pendidik agar nantinya dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui penguasaan dan penerapan tujuan, metode, materidan evaluasi serta untuk mengetahui dan mencari kemungkinan yang masih perlu diperbaiki bagi guru dalam mengahadapi kelemahan proses belajar mengajar. Metocle penelitian yang cligunakan dalam penelitian ini adalah dengan penekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian in.i adalah dengan wawancara, dokumentas.i dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan teknik analisis berpikir induktif yaitu menganalisis fakta-fakta atau peristiwa khusus yang terjadi di TPQ Madinatul Ulum Kelurahan Pasirsari kemudian ditarik generalisasi yang bersifat umum. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah Tujuan dari pembelajaran membaca clan menulis Al Qur'un pada anak usia dini di TPQ Madinatul Ulum Pasirsari adalah meningkatkan kemampuan membaca dan mengenal huruf-huruf Al Qur'an sejak dini, rneningkatkan kecintaan terhadap Al Qur'an sebagai bacaan istimewa dan pedoman utarna, dan dapat menulis huruf hijaiyah dengan baik clan benar, Metode pembelajaran yang diterapkan di TPQ Madinatul Ulum Pasirsariadalah rnetode Qiro'ati, yaitu dengan menggabungkan metode klasikal, metode tanya jawab dan metode latihan/drill. Sedangkan materi yang di gunakan di TPQ Madinatul Ulum Pasirsari aclalah belajar membaca dan menilis Al Qur'an, hafalan surat-surat pendek, hafalan doa sehari-hari, fiqih, tauhid, akhlak serta sejarah para Nabi dan Rosul. Dan evaluasinya mengguanakan evaluasi tes dan non tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFatikhah, FatikhahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan pembelajaran, membaca dan menulis Al Qur'an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:24
Last Modified: 23 Jan 2024 03:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item