Implementasi media visual untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran pai kelas VIII di SMP Islam Comal Kabupaten Pemalang

Silviana, Indah (2023) Implementasi media visual untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran pai kelas VIII di SMP Islam Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021116203_INDAH SILVIANA BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
2021116203_INDAH SILVIANA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Media Visual untuk Meningkatkan Minat Belajar dalam Pembelajaran PAI Kelas VIII di SMP Islam Comal Kabupaten Pemalang dan untuk mendeskripsikan Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi media visual untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Islam Comal Kabupaten Pemalang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi media visual untuk meingkatkan minat belajar dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Islam Comal Kabupaten Pemalang?, dan Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan faktor penghambat implementasi media visual untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Islam Comal Kabupaten Pemalang?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan alat pengumpul data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang kemudian diolah dan dianalisa hingga diperoleh suatu kesimpulan. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media visual untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran PAI kelas VIII di SMP Islam Comal yaitu media mempunyai peran dalam membantu siswa memahami materi yang diberikan oleh guru. Adapun media pembelajaran yang digunakan yaitu media visual gambar dan slide powerpoint. Dengan menggunakan media visual tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa, memberikan motivasi, dan antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. keberhasilan tersebut tentunya memiliki faktor pendukung dan penghambatnya. Faktor pendukungnya adalah keuntungan bagi siswa menggunakan media visual gambar dan slidepowerpoint dapat melihat apa saja yang akan dipelajari. Siswa antusias memperhatikan tiap slide yang ditampilkan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah dalam pembuatan media visual slide powerpoint memerlukan waktu, dalam menayangkan slide powerpoint ada beberapa alat yang harus disambungkan ke laptop/notebook sehingga guru terkadang merasa kesulitan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyadi, Moh. ImronUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi media visual, pembelajaran PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:39
Last Modified: 23 Jan 2024 08:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6880

Actions (login required)

View Item View Item