Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Tajwid Materi Hokum Nun Sukun I Tanwin Melalui Metode Index Card Match Pada Santri Jilid IV Di TPQ Ribathul Mubtadi'in Terban Warungasem Batang

Hurul 'In, Hurul 'In (2015) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Tajwid Materi Hokum Nun Sukun I Tanwin Melalui Metode Index Card Match Pada Santri Jilid IV Di TPQ Ribathul Mubtadi'in Terban Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021311176 HURUL_IN BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (6MB)
[img] Text (Thesis)
2021311176 HURUL_IN BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini mernbahas penerapan penggunaan metode Index Card Match dalam belajar ilmu tajwid. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya Hasil belajar ilmu tajwid santri materi hukum bacaan Nun Sukun/Tanwin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana basil belajar ilmu tajwid materi hukum Nun Sukun/Tanwin santri jilid IV TPQ Ribathul Mubtadi'in Terban Warungasem Batang, mengetahui bagaimana penerapan metode Index Card Match dalam pembelajaran ilmu tajwid materi hukum Nun Sukun/Tanwin santri jilid IV di TPQ Ribathul Mubtadi'in Terban Warungasem Ba.tang, dan untuk mengetahui apakah metode Index Card Match dapat meningkatkan basil belajar ilmu tajwid santri jilid IV di TPQ Ribathul Mubtadi'in Terban Warungasem Batang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun teknik pengumpulan • data diperoleh dengan menggunakan dokumentasi, tes dan pengamatan. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan dua jenis data yaitu data kuantitatif (nilai basil belajar santri) dan data kualitatif (pengamatan keaktifan santri dalam mengikuti pembelajaran). Hasil penelitian yang dilakukan peneliti membuktikan adanya peningkatan hasil belajar santri dalam mengikuti pembelajaran dengan metode Index Card Match. Adanya peningkatan basil tersebut dapat dilihat dari keaktifan santri selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode -Index Card Match, dan ketertarikan santri untuk mengikuti proses pembelajaran serta peningkatan basil post test setiap tahapan-tahapan siklusnya. Pada ta.hap pra siklus rata-rata kelas yang yang diperoleh hanya 56,2. Kemudian dilanjutkan pembelajaran pada siklus I mengalami peningkatan 12,0 dari pra siklus dan hasilnya baru mencapai 68,2. Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II, rata• rata kelas yang diperoleh mengalami peningkatan sebesar 3,7 dari siklus I sehingga hasilnya menjadi 71,9 dan pada siklus III rata-rata kelas yang diperoleh meningkat secara signifikan yaitu sebesar 14,3 dari siklus II sehingga rata-rat kelasnya menjadi 86,2. Ini membuktikan bahwa adanya peningkatan basil belajar santri dengan menggunakan metode Index Card Match. Berdasarkan basil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan STAIN Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFachrullah, FachrullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Tajwid, Metode Index Card Match
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:56
Last Modified: 25 Jan 2024 07:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6940

Actions (login required)

View Item View Item