HARWATI, SUGI (2014) Upaya Menanamkan Rasa Setia Kawan Terhadap Sesama Teman Melalui Metode Role Playpada Mata Pelajaran PAI Bagi Siswa Kelas 3 SD Wonotunggal 04 Kecamatan Wonotunggal Kabupatenbatang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2021311182 SUGI HARWATI BAB I, V DAN LAMP.PDF Download (5MB) |
|
Text (Thesis)
2021311182 SUGI HARWATI FULL TEXT.PDF Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Rasa setia kawan adalah rasa kebersamaan dan kesatuan antara sesama manusia dalam kelembagaan ataupun dalam kesempatan yang berpijak pada tali (agama) Allah. Dengan berperilaku setia kawan akan menjadikan kokoh suatu persaudaraan, karena mereka saling percaya, menghormati dan tidak mengkhianati antara satu dengan yang lain. Rasa setia kawan adalah salah satu bentuk akhlakul karimah yang harus ditanamkan dan diajarkan oleh guru kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perolehan nilai ulangan harian mata pelajaran PAI materi menanamkan rasa setia kawan terhadap sesama teman sebelum melalui metode Role Play di SD Wonotunggal 04? bagaimana perolehan nilai ulangan harian mata pelajaran PAI materi menanamkan rasa setia kawan terhadap sesama teman sesudah melalui metode Role Play di SD Wonotunggal 04?. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perolehan nilai ulangan harian mata pelajaran PAI materi menanamkan rasa setia kawan terhadap sesama teman sebelum melalui metode Role Play di SD Wonotunggal 04,1 dan untuk mendeskripsikan perolehan nilai ulangan harian mata pelajaran P;A.I materi menanamkan rasa setia kawan terhadap sesama teman sesudah rnelalui metode Role Play di SD Wonotunggal 04. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dan hasil tes/evaluasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode deduktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kondisi awal nilai pengamatan rasa setia kawan terhadap sesama teman siswa kelas 3 SD Wonotunggal 04 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang sebelum menggunakan metode Role Play pada mata pelajaran PAl pada tanggal 2 September 2013 dapat dilihat bahwa diperoleh nilai rata-rata pengamatan sebesar 64,58 berada pada interval 56-70 yang berarti kategori cukup dengan perolehan 24 siswa mendapatkan nilai pengamatan dengan kategori cukup. Kedua, Perolehan nilai pengamatan rasa setia kawan terhadap sesama teman siswa kelas 3 SD Wonotunggal 04 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang sebelum menggunakan metode Role Play pada mata pelajaran PAI atau pra siklus yakni 64,58 meningkat pada siklus I menjadi 65,62, pada siklus II meningkat menjadi 78,12 dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 85. Sedangkan pada pra siklus terdapat siswa yang mendapat nilai pengamatan dengan kategori cukup sebanyak 24 siswa. Pada siklus I terdapat siswa yang mendapat nilai pengamatan dengan kategori cukup sebanyak 24 siswa. Pada siklus II terdapat siswa yang mendapat nilai pengamatan dengan kategori cukup sebanyak 11 siswa dan kategori baik sebanyak 13 siswa. Sedangkan pada siklus III terdapat siswa yang mendapat nilai pengamatan dengan kategori baik sebanyak 24 siswa. Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan perolehan nilai pengarnatan rasa setia kawan terhadap sesarna teman siswa kelas 3 SD Wonotunggal 04 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang sesudah menggunakan metode Role Play pada mata pelajaran PAI telah berhasil. Meningkatnya perolehan nilai pengarnatan rasa setia kawan terhadap sesama teman siswa kelas 3 SD Wonotunggal 04 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang sesudah menggunakan metode Role Play pada mata pelajaran PAI dapat dibuktikan dengan prestasi belajar siswa yang meningkat dari pra siklus, siklus I, siklus II, sampai dengan siklus III. Dengan demikian hipotesis kerja yang peneliti ajukan (rasa setia kawan terhadap sesama teman pada mata pelajaran PAI bagi siswa kelas 3 SD Wonotunggal 04 Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang dapat ditanamkan melalui metode Role Play) dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Menanamkan Rasa Setia Kawan Melalui Metode Role Play | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2024 03:21 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jan 2024 03:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6948 |
Actions (login required)
View Item |