Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Melalui Metode Cooperative Integrated Reading Anti Composition (CIRC) di Kelas V MI Ma'arif NU An-Nur Bebel

Firdaus, Arham Ali (2016) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Melalui Metode Cooperative Integrated Reading Anti Composition (CIRC) di Kelas V MI Ma'arif NU An-Nur Bebel. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri ( STAIN ) Pekalongan.

[img] Text
2021110101 ARHAM ALI FIRDAUS BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Text
2021110101 ARHAM ALI FIRDAUS BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana skenario pernbelajaran al-Quran Hadits di Ml Ma'arif NU An-Nur Bebel melalui metode cooperative integrated reading and composition (2) Apakah melalui metode cooperative integrated reading and composition dapat meningkatkan hasil belajar al-Qur'an Hadits pada siswa kelas V MI Ma'arifNU An-Nur Bebel. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas V MI Ma'arif NU An-Nur Bebel. Dari hasil observasi secara langsung di kelas V pada kondisi awal penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Al-Qur'an Hadits yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cendenmg terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya basil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran da.n keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MI Ma'arif NU An-Nur Bebel dengan populasi 131 peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) yaitu kelas V yang jumlahnya ada 19 peserta didik. Pada penelitian ini, penulis melakukan tindakan pembelajaran dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan basil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan aktivitas belajar peserta didik adalah 57,67% dan rata-rata tes akhir 70 dengan prosentase ketuntasan belajar 57,89%. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi dan refleksi pelaksanaan tindakan pada sikius II aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu dapat diprosentasekan menjadi 75 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 90,71 sedangkan prosentase ketuntasan belajarnya mencapai 84,21 %. Dari tahap-tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) pada mata pelajaran Al-Quran Hadits dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap siklus I dan siklus II masih mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhimya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kurang adanya motivasi belajar yang muncul pada din peserta didik tersebut dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode CJRC (Cooperative integrated Reading And Composition). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran A1-Qur'an Hadits.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuna, Arif ChasanulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits dan Metode Cooperative Integrated Reading Anti Composition
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:19
Last Modified: 26 Jan 2024 07:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/6950

Actions (login required)

View Item View Item