Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Huruf Hijaiyah Melalui Media Menara Balok Hijaiyaji Siswa TK Kemala Bhayangkari 22 Batang

MAKHFUDHOH, SITI (2016) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Dan Menulis Huruf Hijaiyah Melalui Media Menara Balok Hijaiyaji Siswa TK Kemala Bhayangkari 22 Batang. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2021313041 SITI MAKHFUDHOH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (19MB)
[img] Text (Thesis)
2021313041 SITI MAKHFUDHOH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Media menara balok hijaiyah merupakan alat bantu yang memungkinkan bagi siswa yang sedang dalam taraf pengenalan dan pengembangan khususnya Mak-Mak taman kanak-kanak. Media ini melatih anak untuk mengenal bentuk huruf hijaiyah melalui permainan sehingga tidak menjemukan, orang tua juga dapat terlibat dalam permainan ini, yaitu dengan melatih anak membaca satu persatu huruf dengan tanda baca yang berbeda sehingga hasilnya lebih maksimal. Media menara balok dapat digunakan untuk melibatkan anak secara langsung agar anak tertarik dan mau mengikuti pembelaj aran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah siswa TK Kemala Bhayangkari 22 Batang sebelum melalui media menara balok hijaiyah? Bagaimana kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah siswa TK Kemala Bhayangkari 22 Batang sesudah melalui media menara balok hijaiyah? Apakah media m.enara balok hijaiyah dapat m.eningkatkan kem.ampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah siswa TK Kemala Bhayangkari 22 Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah siswa TK Kemala Bhayangkari 22 Batang sebelum dan sesudah melalui media menara balok hijaiyah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tern.pat pelaksanaan penelitian tindakan kelas adalah TK Kemala Bhayangkari 22 Batang. Waktu penelitian tindakan kelas dimulai pada bulan J anuari 2016 sampai dengan bulan April 2016. Kolaborator pada penelitian ini adalah guru kelas B2 TK Kemala Bhayangkari 22 Batang, yakni Sunarsih, S.Pd. Tehnik analisis data pada penelitian tindakan kelas adalah dengan pendekatan deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan: Kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah siswa TK Kem.ala Bhayangkari 22 Batang sebelum m.elalui media m.enara balok hijaiyah termasuk dalam kategori Mulai Muncul dari 25 siswa terdapat 10 siswa (40 %) dalam kategori Barn Muncul dan 15 siswa (60 %) dalam kategori Mulai Muncul. Kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah siswa TK Kem.ala Bhayangkari 22 Batang sesudah melalui media m.enara balok hijaiyah pada siklus I termasuk dalam kategori Berkemhang dari 25 siswa terdapat 8 siswa (32 %) dalam kategori Mulai Muncul dan 17 siswa (68 %) dalam kategori Berkembang. Kemampuan membaca dan menulis hurufhijaiyah siswa TK Kemala Bhayangkari 22 Batang pada siklus II termasuk dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan dad 25 siswa terdapat 4 siswa (16 %) dalam kategori Berkembang dan 21 siswa (84 %) dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan. Kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah siswa TK Kem.ala Bhayangkari 22 Batang pada siklus III termasuk dalam kategori Berkembang Dengan Baik dari 25 siswa terdapat 5 siswa (20 %) tlalam kategori Berkembang Sesuai Harapan dan 20 siswa (80 %) dalam kategori Berkembang Dengan Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMumun Munifroh, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca dan Menulis Huruf Hijaiyah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:23
Last Modified: 05 Feb 2024 02:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item View Item