Karunia, Oktavi (2014) Jmplementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)Ke/as XI Semester Gasal di SMAN I Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.
Other
2021110159 OKTAVI KARUNIA BAB I, V , LAMP_1.PDF Download (14MB) |
|
Other
2021110159 OKTAVI KARUNIA BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (24MB) |
Abstract
Karunia, Oktavi. 2014, Jmplementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)Ke/as XI Semester Gasal di SMAN I Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Skripsi, Sarjana Tarbiyah Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Dr. H. Imam Suraji, M. Ag. Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam(PAI). Skripsi yang berjudul"Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Menurut Kurikulum 2013 Pada Kelas XI Semester Gasal di SMAN I Kedungwuni Kabupaten Pekalongan." Dilatarbelak:angi dengan adanya perubahan kurikulum sekolah yang sekarang dikenal dengan Kurikulum 2013. Perubahan Kurikulum 2013 salah satunya adalah pada mata pelajaran PAI yang menjadi Pendidikan Agama Islam clan Budi Pekerti. Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: bagaimana pemahaman guru PAI di SMA N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan tentang Kurikulum 2013, apa saja metode yang digunakan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menurut Kurikulum 2013 pada Kelas XI Semester Gasal di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan, dan bagaimana sistem evaluasi pernbelaiaran Pendidikan Agama Islam menurut Kurikulum 2013 pada Kelas XI Semester Gasal di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru PAI di SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan tentang Kurikulum 2013, untuk mengetahui metode apa saja yang digunakan dan sistem evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menurut Kurikulum 2013 pada kelas XI Semester Gasal di SMAN l Kedungwuni. Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dau sumber data skunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis induktif kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa SMAN 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dalam mengimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam(P AI) menurut Kurikulum 2013 sudah berjalan baik. Dalam pembelajaran PAI guru sudah menggunakan pendekatan scientific yaitu mengamati, bertanya, mengumpulkan data, percobaan, dan mengkomunikasikan dan menggunakan metode yang mendukung pendekatan tersebeu seperti diskusi, inquiri, jigsaw, dan tanya jawab. Dalam sistem evaluasi, guru juga sudah menerapkan penilaian autentik yaitu penilaian pengetahuan dengan cara tes lisan dan tes tertulis, penilaian keterampilan dengan cara melihat keaktifan siswa dalam diskusi dan penilaian antar teman. Kemudian penilaian sikap dilakukan oleh guru dengan mengamati tingkah laku siswa dalam pembelajaran. Adapun kendala dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah belum adanya buku pegangan guru dan siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Peksrti.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam(PAI). | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 05 Feb 2024 07:13 | ||||||||
Last Modified: | 05 Feb 2024 07:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7019 |
Actions (login required)
View Item |