Pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes

Rizqiyah, Aulia (2019) Pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan spiritual yaitu menghafal Al-Qur’an. Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses usaha yang dilakukan santri selain menghafal Al-Qur’an juga sebagai proses perubahan tingkah laku sehingga berperilaku akhlak karimah. Kecerdasan spiritual mencakup cara seseorang memberi makna terhadap hidup yang dijalaninya. Makna hidup tersebut cara seseorang untuk mengisi kehidupannya dan memberikan gambaran menyeluruh yang menunjukkan arah dalam caranya manusia berhubungan dengan dirinya sendiri, orang lain, dan alam sekitarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana aktivitas menghafal Al-Qaur’an di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes, bagaimana kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes, adakah pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadapa kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan aktivitas menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes, untuk menjelaskan kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes dan adakah pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Dan untuk menganalisis hasil penelitiannya, peneliti menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, aktivitas menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes adalah baik. Hal tersebut karena nilai aktivitas menghafal Al-Qur’an pada santri sebesar 33,28 yang berada pada interval 32-37 dengan kategori baik. Kedua, Kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes adalah baik. Hal tersebut karena nilai kecerdasan spiritual santri sebesar 41,40, yang berada pada interval 41-46 dengan kategori baik. Ketiga, pengaruh aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes diperoleh nilai R Square = 0,131 yang berarti bahwa kecerdasan spiritual santri memiliki pengaruh sebesar 13,1 % terhadap aktivitas menghafal Al-Qur’an, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sementara itu, diperoleh nilai thitung = 3,756, sedangkan dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh nilai ttabel = 1,985, sehingga thitung > ttabel. Pengujian hipotesis menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan aktivitas menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Tahfidh Al-Qur’an Terpadu Ummu Al Mahasin Jatibarang Brebes.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: aktivitas menghafal al-Qur’an, kecerdasan spiritual, Pendidikan Non Formal, Pondok Pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nora Septiani
Date Deposited: 15 Jun 2020 02:47
Last Modified: 15 Jun 2020 02:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item