Telaah Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Fondok Pesantren Salaf Al Arifiyah Kebulen Pekalongan Dan Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal (Studi Perbandingan Pondok Pesantren Tradisional dan Pondok Pesantren Modern)

Qulub, Anisatul (2014) Telaah Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Fondok Pesantren Salaf Al Arifiyah Kebulen Pekalongan Dan Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Tegal (Studi Perbandingan Pondok Pesantren Tradisional dan Pondok Pesantren Modern). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022110020 ANISATUL QULUB BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (18MB)
[img] Text (thesis)
2022110020 ANISATUL QULUB BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (38MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurikulum atau rancangan merupakan suatu ciri utama dan merupakan syarat mutlak dalam pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu instrumen dari suatu lembaga pendidikan, termasuk pendidikan pesantren. kurikulum merupakan syarat mutlak bagi pendidikan. Jika kurikulum merupakan syarat mutlak, berarti kurikulum merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan. Komponen dalam kurikulum diantaranya: Tujuan, Materi, Metode, Media, Evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kurikulum Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Tradisional, mendeskripsikan bagaimana kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Modem, mendeskripsikan persamaan dan perbedaan kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren tradisional dan modem. Metode Penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Tehnik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Jenis analisis data yang digunakan yaitu deksriptif induktif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sistem Kurikulum Pondok Pesantren Salaf menggunakan sistem pendidikan agama. Sedangkan Sistem Kurikulum Pondok Pesantren Modem Daaru Ulil Albaab Tegal, secara keseluruhan menggunakan perpaduan dua sistem, sistem pendidikan agama dengan mengacu pada Kurikulum Pondok Modem Gontor, dan sistem pendidikan umum yang mengacu pada Kurikulum pendidikan Nasional. Masing-masing pondok pesantren salaf dan modem mempunyai komponen penting yang harus ada yaitu adanya tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. Persamaan pada kedua pondok yaitu PPS Al Arifiyah Pekalongan dan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal mempunyai satu tujuan umum yaitu sama-sama membangun karakter insan yang mengetahui, mengerti dan memahami agama Islam selain itu juga pada aspek bahasa Arab baik bahasa Arab yang bersifat teori ataupun praktiknya. Sedangkan perbedaannya yaitu pada tujuan akhir pembelajaran bahasa Arab PPS Al Arifiyah Pekalongan berorientasi dalam mempelajari al qur 'an dan membaca kitab dan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal lebih memfokuskan peranan bahasa Arab sebagai bahasa komunikatif Pembelajaran bahasa Arab di PPS Al Arifiyah menggunakan metode tata bahasa dan terjemah tqawa 'id tarjamah). Sedangkan PPM Daaru Ulil Albaab Tegal menggunakan metode langsung (tariqah. al-mubasyirah/direct method).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyir, MusoffaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum pembelajaran bahasa Arab pondok pesantren
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:24
Last Modified: 05 Feb 2024 07:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7021

Actions (login required)

View Item View Item