Pengaruh Kompetensi Pedagogik Gum Terhadap Prestasi Belajar Fikih Siswa Kelas VTII MTs Negeri Petarukan Kab. Pemalang

Wahid, Saefurrahman (2014) Pengaruh Kompetensi Pedagogik Gum Terhadap Prestasi Belajar Fikih Siswa Kelas VTII MTs Negeri Petarukan Kab. Pemalang. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110161 SAEFURRAHMAN WAHID BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (6MB)
[img] Other
2021110161 SAEFURRAHMAN WAHID FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Wahid. Saefurrahman. 2014. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Gum Terhadap Prestasi Belajar Fikih Siswa Kelas VTII MTs Negeri Petarukan Kab. Pemalang. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidik n Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (ST AlN) Pekalongan. Ely Mufidah, M.S.I. Muthoin, M. Ag. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru, Prestasi Belajar, Pela~aran Fikih Pre~tas_i belaj~r sisw~ bukan sen:ata-rnata karena ftktor k~cerdasa~ (intelegensiy siswa saja, tetapi ada faktor lam yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut, secara garis besar faktor-faktor terebut dibagi menjadi dua yakni faktor intern dan faktor ekstern. Penulis melihat adanya permasalahan bagi guru dalam menggunakan kompetensi mengajar. Hal ini terlihat ketika mengajar, adanya sebagian guru yang mengabaikan kompetensi seperti mengabaikan tentang pemberian TPK, kurangnya menguasai media pembelajaran, 1emotivasi siswa untuk melibatkan diri secara aktif dan dalam memberikan kesirnpulan. Padahal seharusnya seorang guru harus memiliki dan menggunakan kompetensinya secara baik dalam proses belajar mengajar khususnya untuk guru mata pelajaran fikih. Permasalahan yang diungkap adalah 1. Bagaimana. kompetensi pedagogik gum fikih MTs Negeri Petarukan Kabupaten Pemalang, 2. Bagaimana prestasi belajar fikih siswa kelas VIII MTs Negeri Petarukan Kabupaten Pemalang. 3. Apakah berpengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap pre tasi belajar fikih siswa kelas VIll MTs Negeri Petarukan Kabupaten Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru kelas VIII MTs Negeri Petarukan Kabupaten Pemalang, untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Petarukan Kabupaten Pemalang dan u tuk mengetahui Pengaruh kompetensi pedagogik gum terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Petarukan Kabupaten Pemalang. Adapun kegunaa penelitian ini adalah diharapkan untuk dapat memberikan sumbangsih dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan observasi, angket, dokurnentasi. Teknik analisis datanya yaitu dengan menggunakan rumus regresi linier sederhanai Hasil Penelitian ini adalah 1) kompetensi pedagogik gum MTs Negeri Petarukan Kab. Pemalang termasuk dalam kategori sedang 2) Prestasi Belajar Fikih termasuk dalam kategori baik, 3) kompetensi pedagogik guru mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar fikih siswa kelas VIII MTs Negeri Petarukan Kabupaten Pemalang. Hal ini dibuktikap dengan hasil yang diperoleh nilai ttsst sebesar 3,27533 dan pada taraf kesalahan 5% dengan nilai t:abl;s =sebesar 2,704 berarti ltc-ml>tr-able yaitu 3,27533> ~,704. maka H0 ditolak, Ha diterima. Sedangkan pada tingkat kesalahan 1 % nilai tr-able sebesar 2,021 maka tt;ss::1 >ttable yaitu 3,27533> 2,021 maka H0 ditolak, Ha diterima

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru, Prestasi Belajar, Pela~aran Fikih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:22
Last Modified: 06 Feb 2024 01:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7023

Actions (login required)

View Item View Item