Penggunaan Kartu Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab ( Studi Kasus Di MIS Asy-Sya'ban Karangsari Pekalongan)

Ratnasarii, Susi (2015) Penggunaan Kartu Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab ( Studi Kasus Di MIS Asy-Sya'ban Karangsari Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022110024 SUSI RATNASARI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (16MB)
[img] Text (Thesis)
2022110024 SUSI RATNASARI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (31MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah -Asy-sya'ban Karangsari Pekalongan menggunakan kartu kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab. Kartu Kosakata digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas V karena materi pelajaran yang baru dan semakin sulit. Siswa kelas V juga dalam penguasaan kosakata bahasa Arab masih kurang terutama kosakata baru. Kosakata yang terdapat pada kartu kosakata yaitu khusus kata benda karena kata benda lebih mudah untuk divisualisasikan. Tujuan penggunaan kartu kosakata adalah agar pesan atau informasi yang dikomunikasikan tersebut dapat diserap semaksimal mungkin oleh para siswa sebagai penerima informasi. Pembelajaran bahasa Arab di MIS Asy• sya'ban Karangsari, guru bahasa Arab terus berupaya agar peserta didiknya mempunyai kemampuan keterampilan berbahasa yang baik. Kegiatan belajar mengajar di kelas V MIS Asy-sya'ban Karangsari dengan menggunakan media kartu kosakata (visual) diharapkan mampu menjadikan siswa lebih aktif dan bisa mengembangkan dirinya melalui pengalaman langsung dan juga mendapatkan hasil belajar yang baik. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : (1) Bagaimana Penggunaan Kartu Kosakata dalam Pembelajaran bahasa Arab Di Kelas V MIS Asy-sya'ban Karangsari Pekalongan? (2) Apa Sajakah Faktor Pendukung dan Penghambat Penggunaan Kartu Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas V MIS Asy-sya'ban Karangsari Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui Penggunaan Kartu Kosakata dalam Pembelajaran bahasa Arab Di Kelas V MIS Asy-sya'ban Karangsari Pekalongan. (2) Untuk Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Penggunaan Kartu Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas V MIS Asy-sya'ban Karangsari Pekalongan. Penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah keilmuan dalam pendidikan bahasa Arab dan diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Karangsari agar terns berinovasi dengan penggunaan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Kartu Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:18
Last Modified: 06 Feb 2024 01:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7024

Actions (login required)

View Item View Item