Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di SMP Islam Pegandon Karangdadap Pekalongan

Kamal, Rifqi Tiara (2015) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di SMP Islam Pegandon Karangdadap Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022110027 RIFQI TIARA KAMAL BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Text (Thesis)
2022110027 RIFQI TIARA KAMAL BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (25MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran bahasa Arab di kalangan masyarakat non Arab memiliki problematika yang dihadapi. Problematika yang biasanya muncul terbagi ke dalam dua bagian, yaitu problematika lingusitik (kebahasaan) dan non linguistik (non kebahasaan). Oleh sebab itu perlu dicari pemecahan yang tepat untuk mengatasi problematika tersebut, agar kegiatan pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai tujuan yang diharapkan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana proses Pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pegandon Karangdadap Pekalongan?, Apa saja Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pegandon Karangdadap Pekalongan? serta Bagaimana solusi yang diterapkan untuk mengatasi problematika yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pegandon Karangdadap Pekalongan? Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk pemyataan atau kata• kata deskriptif atau kata-kata tertulis yang berasal dari sumber data yang diteliti dan diamati agar lebih mudah dipahami. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data adalah metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yang menggunakan cara berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pegandon Karangdadap Pekalongan belum berjalan secara maksimal karena disebabkan oleh berbagai faktor baik dari guru siswa, metode, media, sarana dan prasarana dan lain sebagainya. Problematika yang dihadapi dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Islam Pegandon Karangdadap Pekalongan terbagi menjadi dua, yaitu problematika yang dihadapi guru dan problematika yang dihadapi siswa. Problematika yang dihadapi guru adalah problematika yang bersifat non linguistik Sedangkan problematika yang dihadapi siswa yaitu problematika yang bersifat linguistik dan non linguistik . Solusi yang dilakukan oleh guru adalah berusaha semaksimal mungkin untuk menggunakan metode pembelajaran yang baru supaya siswa tidak merasa bosan. Selanjutnya solusi yang ctilakukan oleh siswa adalah dengan menanyakan kesulitan mereka kepada teman atau guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMu'in, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:15
Last Modified: 06 Feb 2024 02:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7026

Actions (login required)

View Item View Item