Pengaruh Implementasi Metode Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadits Siswa Kelas VIII MTs Al• Mu'awanah Kendaldoyong Petarukan

Chusna Roudhotul, lfada (2014) Pengaruh Implementasi Metode Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadits Siswa Kelas VIII MTs Al• Mu'awanah Kendaldoyong Petarukan. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Other
2021110173 IFADA ROUDHOTUL CHUSNA BAB I, V DAN LAMP.PDF

Download (5MB)
[img] Other
2021110173 IFADA ROUDHOTUL CHUSNA FULL TEXT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

lfada Roudhotul Chusna. 2014.Pengaruh Implementasi Metode ~ Terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadits Siswa Kelas VIII MTs Al• Mu'awanah Kendaldoyong Petarukan. Pembimbing: Masykur. Kata Kunci: mctode, keberhasilan belajar, mata pelajaran Alqur Hadits. Metode pengajaran merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam prose belajar mengajar, metode pengajaran juga mempunyai pengaruh yang sangat erat dalam rangka keberhasilan belajar, sehingga tanpa adanya metode maka akan kesulitan dalam proses belajar mengajar tuk rnencapai tujuannya.dengan metode yang tepat diharapkan proses belaj mengajar akan lebih diserap oleh peserta didiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peng Implernentasi Metode Inkuiry terhadap Keberhasilan Belajar Mata Pelajar Alquran Hadis Siswa Kelas VIIl MTs Al-Mu'awanah Kendaldoyong Petarukan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di MTs Al-Mu'awanah, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas VIII MTs Al-Mu'awanah Kendaldoyong Petarukan sebanyak 226 siswa, sedangkan sampel penelitiannya adalah 25% dari jumlah seluruh populasi yaitu 57 siswa, dengan menggunakan teknik random sampling, Sedangkan untuk menganalisis dat! menggunakan pembuktian analisis regresi. Setelah penelitian ini dianalisis maka dapat diketahui asilnya sebagai berikut: penerapan metode Inkuiry dengan indikator Penataan lingkunagan belajar, Merumuskan problema, merancang eksperimen, melaksanakan eksperimen, mengumpulkan data, menganalisis data dan membuat kesimpulan adalah nilai tetinggi 93 ter.ep.~~ 70. D~~ p.j.}aj. akhir mata pelaj~~ pi~p.µj~-~ Keberhasilan Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis Siswa Kelas VIII MTs Al• Mu' awanah Kendaldoyong Petarukan, diperoleh nilai tertinggi 95 an terendah 78 Diketahui bahwa taraf signifikan 5.% nilai "t" adalah 2,02 dan pada taraf signifikan 1 % adalah 2,704. Pada tingkat signifi.kan 1 % Maka ttes = 3,27 > ttabel = 2, 704, sehigga Ho ditolak, Ha diterima. Maka disimpulakan vari:Jbel independen berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen. Pada t1ga.kt signifi.kan 5 % maka tics = 3,27 > !tabc1 = 2,021, sehigga Ho ditola.k, Ha diterima Maka disimpulakan variabel independen berpengaruh secara si · an terhadap variabeldependen. Dari basil penelitian diketahui rata-rata dari data h ii Keberhasilan Belajar Mata Pel..ajaran Al1li1J.t:w. Hadis, Si~'llea Kelas VUl MTs.. Al-Mu'a'lleanah. Kendaldoyong Petarukan adalah 87,33 dan data basil penelitian etode Inkuiry adalah 85,56 menunju.k.kan adanya perbedaan yang signifi.kan dio/1tara keduanya karena dalam k<my_e~j nilai Lem.bc1.~ P.e~.cli_d~ Tfngkc1..t M.a.d .. @ T$~awiyah adalah keduanya sama-sama termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasykur, MasykurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: mctode, keberhasilan belajar, mata pelajaran Alqur Hadits.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asefuddin Riza
Date Deposited: 06 Feb 2024 03:41
Last Modified: 06 Feb 2024 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7032

Actions (login required)

View Item View Item