Pengaruh Pemanfaatan Media Audiovisual Terhadap Prestasi Belajar Maharah Al-Kitabah Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal 2014-2015

NAFILAH, ATI' (2014) Pengaruh Pemanfaatan Media Audiovisual Terhadap Prestasi Belajar Maharah Al-Kitabah Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal 2014-2015. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022110046 ATI_ NAFILAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (17MB)
[img] Text (Thesis)
2022110046 ATI_ NAFILAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (24MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab dengan berbagai karakteristiknya serta motifasi mempelajarinya dikalangan masyarakat non Arab (Indonesia) memiliki banyak kendala dan problematika yang dihadapi karena bahasa Arab bukanlah bahasa yang mudah untuk dikuasai secara total. Menurut Abdul Mu' in ada tiga permasalahan di dalam mempelajari bahasa Arab. Pertama, masalah kebahasaan yaitu tidak sama antara yang didengar dengan yang ditulis, kedua masalah psikologis yaitu masalah motifasi dalam mempelajari bahasa Arab itu sendiri. Ketiga, masalah tenaga pengajar dan pengajarannya. Dari empat mahardh yang hams dicapai dalam pembelajaran bahasa Arab, menurut siswa mahardh al-kitdbah yang paling sulit untuk dicapai. Adapun tujuan mahardh al-kitdbah yang sulit dicapai siswa diantaranya yaitu menuntut siswa untuk mengekspresikan ide, pikiran, gagasan, dan perasaan dalam ungkapan bahasa Arab dalam bentuk tulisan dengan benar, jelas, terkesan, dan imajinatif. Siswa membutuhkan pengalaman yang banyak dan penguasaan kosa kata yang sangat banyak dalam merangkai kalimat-kalimat bahasa arab hingga menjadi tulisan yang benar, jelas, terkesan, dan imajinatif. Dari semua yang menjadi masalah dalam proses pembelajaran bahasa Arab, maka dibutuhkan sebuah solusi yang tepat, yaitu dengan menggunakan media audiovisual. Pembelajaran bahasa Arab dengan memanfaatkan media audiovisual dapat menjadikan bahasa Arab yang tadinya menjadi momok yang menakutkan, kini bisa menjadi hal yang lebih mudah dan menyenangkan. Oleh karena itu pembelajaran bahasa Arab menggunakan media audiovisual diharapkan bisa meningkatkan mutu hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Sekolah yang memanfaatkan media audiovisual yaitu MTs Salafiyah Hidayatul Athfal, dengan pemanfaatan media audio visual untuk pembelajaran bahasa Arab, tentunya akan meningkatkan motifasi siswa MTs S HIFAL untuk belajar bahasa Arab. Selama kurang lebih empat tahun lamanya pembelajaran bahasa Arab di MTs S HIFAL memanfaatkan media audiovisual sebagai media pembelajaran bahasa Arab agar bahasa Arab tidak terasa rumit dan terkesan sulit untuk dipelajari. Pemanfaatan media audiovisual akan sangat membantu siswa untuk menguasai ketrampilan menulis, hal ini diharapkan siswa dapat meningkat hasil belajarnya dengan memanfaatkan audiovisual. Berdasarkan latar belakang masalah diaatas, ada beberapa permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu:Bagaimana penggunaan media Audio Visual di kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal?, Bagaimana prestasi belajar mahardh al-kitdbah mata pelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal?Bagaimana pengaruh pemanfaatan media audiovisual terhadap prestasi belajar mahardh al-kitdbah mata pelajaran bahasa arab kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal?. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penggunaan media audiovisual kelas VIII di MTs S HIFAL dan mengetahui prestasi mahardh al-kitdbah mata pelajaran bahasa Arab di kelas VIII MTs S HlF AL dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran bahasa Arab terhadap prestasi atau hasil belajar siswa MTs S HlF AL. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket,observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemanfaatan media audiovisual mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal termasuk dalam klasifikasi "baik" . Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan angket yang memperoleh rata-rata 71,38 karena nilai 71,38 berada dalam interval 70 - 72. Prestasi belajar mahardh al-kitdbah mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal 2014-2015 termasuk dalam klasifikasi "sangat baik". Hal ini dibuktikan dari basil nilai yang diperoleh siswa dalam ulangan harian mahardh al-kitdbah yang memperoleh rata-rata 84,04 karena nilai 84,04 berada dalam interval 86 - 80. Pengaruh pemanfaatan media audiovisual terhadap prestasi belajar mahardh al-kitdbah mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal 2014-2015, berdasarkan pada perbandingan rh dan r1 pada taraf signifikan 5% maupun 1 % kesimpulannya sama yakni pengaruh pemanfaatan media audiovisual terhadap prestasi belajar mahardh al-kitdbah mata pelajaran bahasa Arab kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal 2014- 2015 menunjukan pengaruh yang kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyir, MushofaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorBasith, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan media audiovisual dan prestasi belajar Mahardh Al-Kitdbah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 06 Feb 2024 04:32
Last Modified: 06 Feb 2024 04:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7035

Actions (login required)

View Item View Item