Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa MI Roudlond Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang

Fatkhillah, Nikmun (2015) Pengaruh Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa MI Roudlond Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, STAIN Pekalongan.

[img] Text
2021210115 NIKMUN FATKHILLAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (12MB)
[img] Text
2021210115 NIKMUN FATKHILLAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (26MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Variasi adalah keanekaan yang membuat sesuatu tidak monoton. Variasi di dalam kegiatan pembelajaran dapat menghilangkan kebosanan, meningkatkan minat dan keingintahuan siswa, melayani gaya belajar siswa yang beragam, serta meningkatkan kadar keaktifan siswa. Dengan hal ini guru dituntut memiliki keterampilan dalam variasi mengajar. Variasi mengajar adalah bermacam atau beragamnya bentuk (rupa) kegiatan yang dilakukan guru dalam menyajikan materi pelajaran kepada siswa. Guru MI Roudlotal Huda mengadakan variasi mengajar untuk meningkatkan minat anak didiknya agar lebih termotivasi dalam belajar. Dengan adanya variasi mengajar yang berikan guru dapat menjadi sebuah motivasi bagi siswa dalam belajar PAI Dalam penelitian ini, rumusan masalahnya adalah bagaimana variasi mengajar guru, motivasi belajar PAI siswa dan bagaimana pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar PAI siswa MI Roudlotul Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang?. Tujuannya adalah untuk mendeskripsikan variasi mengajar guru, mendeskripsikan motivasi belajar PAI siswa dan mendeskripsikan pengaruh variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar PAI siswa MI Roudlotul Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Kegunaannya adalah memperluas wawasan dan menambah pengetahuan serta mengembangkan khazanah keilmuan, sebagai pedeyun guru untuk dapat menjadi informasi tentang bagaimana pentingnya penerapan variasi mengajar guru PAL, dan dapat meningkatkan professional guru sebagai tenags pengajar Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan field research). Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan angket. Teknik analisis datanya yaitu dengan menggarakan rumus regresi linier sederhana Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan balows varias mengajar vuru tomaaamk dalam kategori baik, hal ini hentasarkan interval yang diperoleh yaitu 60 Nilai tersebut dalam intiaval 59-64. Adapun Motivasi belajar. PAI siswa kermasuk dalam kategori hank, hal im hendasarkan interval yang diperoleh yunu 71. Nilai lerschut dalam interval 71-72.Setelah dilakukan penelitian didapat nilai te3,780. Kemudian hasil tersebut diuji pada tingkat signifikan 5% dengan tube 2,015 dan 1% dengan tube 2,692 ternyata hasilnya taestate maka H, ditolak, H, diterima. Diuraikan baik perhitungan tingkat signifikan 5% dan 1% memiliki interpretasi sama, bahwa variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar PAI siswa MI Roudlotul Huda Terban Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pengaruh Variasi Mengajar Guru
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 06 Feb 2024 09:03
Last Modified: 06 Feb 2024 09:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7046

Actions (login required)

View Item View Item