Pengaruh Penerapan Metode Qira'ah Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Di MAN 2 Pekalongan

Refiyanti, Dewi (2015) Pengaruh Penerapan Metode Qira'ah Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Di MAN 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
2022111017 DEWI REFIYANTI BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
2022111017 DEWI REFIYANTI BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

pada sekolah MAN 2 Pekalongan menerapkan metode qira'ah dalam mata pelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XI karena prestasi belajar bahasa Arab siswa kurang menonjol sehingga guru memilih untuk menggunakan metode qira'ah sehingga siswa dapat memahami apa yang mereka baca baik itu lulusan dari SMP Swasta ataupun SMP Negeri serta siswa diharapkan dapat terampil dalam membaca huruf Arab dengan fasih, lancar, dan benar, mengerti dan memahami apa yang dibacaserta dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah yang akan dikaji adalah 1) Bagaimana penerapan metode qira'ah di MAN 2 Pekalongan? 2) Bagaimana prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI di MAN 2 Pekalongan? 3) Bagaimana pengaruh penerapan metode qira'ah terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI diMAN 2 Pekalongan?. Dalam penelitian ini rnenggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reserch). Metode analisis data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Dari pembahasan skripsi yang berjudul "PEN GAR UH PENERAP AN METODE QIRA'AH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI di MAN 2 PEKALONGAN." ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan metode qira'ah dilaksanakan di MAN 2 Pekalongan termasuk dalam katagori baik dengan nilai rata-rata 65,53. Nilai tersebut berada dalam interval 62-66 yang masuk dalarn kategori baik. 2) Pada tingkat prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI di MAN 2 Pekalongan termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 76,53. Nilai 76,53 tersebut berada dalam interval 75-76 yang termasuk dalam kategori cukup ini dapat dilihat dari hasil nilai raport siswa. 3) Pengaruh penerapan metode qira'ah terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa di MAN 2 Pekalongan khususnya kelas XI tidak ada pengaruh. Hal ini dapat dibuktikan dalam taraf signifikan 5% dengan db=26 didapat r1 =0,396 sedangkan rxv = 0,0697. Dengan demikian rxy lebih kecil dari pada re ha} ini berarti penerapan metode qir'ah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa. Sedangkan pada taraf signifikan 1 % dengan db=26 didapat r1 =0,505 sedangkan r.,y = 0,0697. Dengan demikian r.q lebih kecil dari pada rt hal ini berarti penerapan metode qirah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa. Jadi baik taraf signifikan 5% maupun 1 % mempunyai kesimpulan yang sama yaitu penerapan metode qira'ah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI di MAN 2 Pekalongan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuin, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Qira'ah dan Prestasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:30
Last Modified: 07 Feb 2024 07:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7054

Actions (login required)

View Item View Item