RIZQIYANA, NAILA (2016) Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pada Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan (Tinjauan Tujuan, Materi Dan Metode). Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.
Text (Thesis)
2032108426 NAILA RIZQIYAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF Download (10MB) |
|
Text (Thesis)
2032108426 NAILA RIZQIYAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Pendidikan yang dilakukan dengan objek pada anak-anak yang masih dini dengan istilah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) temyata berdasarkan penelitian memiliki pengaruh yang besar terhadap perubahan kejiwaan bagi anak pada tahapan-tahapan usia berikutnya. Dengan digulirkannya progam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sekara.ng ini diharapkan mampu mewujudkan apa yang menjadi tujuan dari pendidikan itu sendiri. Salah satunya pendirian PAUD yang ada di desa Kramatsari Kota Pekalongan yang berdiri pada un2001 Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: 1 ) Bagaiman Pelaksanaan Pendidikan anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain Masyithoh 08 .Kramatsari Pekalongan ditinjau ari tujuan, materi dan metode?' 2) Apakah Faktor pendukung dan pengharnbat pelaksanaan ~endidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermai.n Masyithoh 08 Kramatsari ~ekalongan?. Tujuan dalam penelitia.n ini adalah; (1) Untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermai.n Masyithoh 08 .Kramatsari Pfkalongan ditinjau dari tujuan, materi dan metode; dan (2) Untuk mengetahui Faktor ppndukung dan penghambat pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain Masyithoh 08 .Kramatsari Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari Penelitian ini t~bagi dalam kegunaan teoritis dan praktis. Secara teoritis sebagai khazanah perpustakaan pendidikan Islam dan dapat dijadikan sebagai sarana informasi mengenai pengembangan pendidikan anak usia dini, secara praktis memberi masukan bagi para orang tua, Kepala Sekolah da.n Penulis tentang terselenggaranya Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan. Adapun jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan, dimana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan analisis kualitatif yang merupakan suatu pendekatan penelitian yang berorientasi pada fenomena-fenomena atau gejala yang berssifat arm. Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Masyithoh 08 amatsari Pekalongan secara tujuan, materi dan metode yang dikembangkan telah memenuhi standar yang telah dilakukan dan proses pembelajaran betul-betul telah mengembangkan pe;rkembangan anak secara optimal sesuai dengan harapan. Faktor pendukung pendidikan anak usia dini (PAUD) bagi siswa di Kelompok Bermain Masyithoh 08 .Kramatsari Pekalongan antara lain: (a) Kesiapan guru dalam melakukan srategi pendidikan anak usia dini tersebut, (b) Kesiapan anak didik dalam menerima materi, (c) Suasana pembelajaran yang mampu diciptakan dengan sebaik-bainya, dan ( d) Pengembangan manajemen yang diterapkan dalam pengaturan jadwal pembelajaran dan pelaksanaan kurikulum yang memperhatikan pada tingkat kemampuan peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya antara lain: (a) Terbatasanya dukungan orang tua anak didik untuk menunjang kegiatan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang dilakukan di Kelompok Bermain Masyitoh tersebut., (b) Tidak semua anak didik mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan optimal, dan ( c) Ketersediaan media dan sumber belajar yang terbatas untuk pelaksanaan pendidikan anak usia dini (PAUD) sehingga kurang mendukung proses pembelajaran materi pendidikan anak usia dini (PAUD) tersebut secara optimal pula.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Akhiroh Ghufron | ||||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2024 01:54 | ||||||||
Last Modified: | 12 Feb 2024 01:54 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7071 |
Actions (login required)
View Item |