Hidayat, Taufik (2023) Peran Organisasi Ikatan Mahasiswa Pelajar Pemalang (IMPP) Pekalongan dalam Mengembangkan Soft Skil dan Hard Skill Anggota IMPP Di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurun UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2118084_TAUFIK HIDAYAT BAB I-V.pdf Download (12MB) |
|
Text
2118084_TAUFIK HIDAYAT FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengembangkan soft skill dan hard skill mahasiswa untuk bekal mereka masuk pada dunia kerja khususnya mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dengan dibekali banyak keterampilan, diharapkan mahasiswa akan mudah dalam mendapatkan pekerjaan lain untuk mereka yang tidak memiliki kesempatan untuk mengajar atau menjadi seorang guru. Dengan demikian angka pengangguran khususnya pada lulusan sarjana pendidikan akan menurun. Organisasi IMPP Pekalongan menjadi salahsatu organisasi mahasiswa dan bisa dijadikan alternatif dalam mengembangkan kemampuan diri dan keterampilan mahasiswa dengan berbagai kegiatan dalam berorganisasi Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimaa peran IMPP Pekalongan dalam mengembangkan soft skill anggota IMPP di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Bagaimana peran IMPP Pekalongan dalam mengembangkan hard skill anggota IMPP di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Bagaimana hambatan dalam pelaksanaan perogram kerja IMPP Pekalongan yang berkaitan dengan pengembangan soft skill dan hard skill anggota IMPP di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus dan anggota IMPP Pekalongan. Sedangkan teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran IMPP dalam mengembangkan soft skill mahasiswa yaitu dengan melalui kegiatan-kegiatan dalam organisasi. Kegiatan itu meliputi kegiatan kepanitiaan seperti Bakti Sosial, Peringatan Hari Besar Islam, Pesantren Kilat. Selain kegitan kepanitiaan ada juga pada kegiatan rutinan yaitu pada kegiatan Forum Diskusi dan kegiatan keagamaan seperti Ziarah dan pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW. selain itu di luar kegiatan organisasi dengan membangun hubungan baik antar pengurus dan anggota yang menanamkan asas kekeluargaan pada setiap individu mampu menanamkan karakter yang saling menyayangi antar sesama. Peran IMPP dalam mengembangkan hard skill mahasiswa yaitu dengan melalui kegiatan-kegiatan pelatihan, kegiatan pelatihan itu meliputi kegiatan pelatihan Desain Grafis, kegiatan kewirausahaan yaitu pembuatan gantungan kunci, buket, kaos sablon, dan pelatihan pembuatan olahan inovatif dengan bahan dasar nanas. Selain dalam kegiatan organisasi, di luar kegiatan mereka juga saling bertukar kemampuan atau saling belajar satu sama lain terkait keahlian yang mereka miliki. Hambatan dari pelaksanaan program kerja IMPP dalam mengembangkan soft skill dan hard skill adalah terkait kesibukan anggota maupun pengurus pada perkuliahan, menimba ilmu di Pondok Pesantren, dan mengikuti organisasi lain. dengan berbagai macam kesibukan yang berbeda beda itu, maka pada setiap pelaksanaan kegiatan IMPP tidak memungkinkan untuk semua pengurus dan anggota dapat mengikuti. selain itu IMPP juga terkendala pada dana untuk menjalankan setiap program kerjanya mereka harus mengandalkan dana proposal dan dana pribadi dari iuran pengurus dan anggota. Serta kurangnya fasilitas yang dapat menunjang setiap kegiatannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Soft Skill, Hard Skill, Organisasi, Mahasiswa | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2024 02:59 | ||||||||
Last Modified: | 12 Feb 2024 02:59 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7073 |
Actions (login required)
View Item |