Implementasi Metode Menhghafal Kosa Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MTs Ss Proto Kedungwuni Pekalongan

KHABIBAH, NURUL (2016) Implementasi Metode Menhghafal Kosa Kata Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MTs Ss Proto Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN ) Pekalongan.

[img] Text (Thesis)
20221111042 NURUL KHABIBAH BAB I, V DAN LAMP_1.PDF

Download (9MB)
[img] Text (Thesis)
20221111042 NURUL KHABIBAH BAB I - V FULL TEXT_1.PDF
Restricted to Registered users only

Download (22MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penyampaian materi pelajaran bahasa Arab kelas VIII MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan dengan menggunakan metode menghafal kosa kata sangat rnernbantu siswa dalam memahami pelajaran. Walaupun ada beberapa kendala dalam proses pembelajaran namun siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Semua itu dapat terlaksana karena guru bahasa Arab MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan profesional dalarn mengajar, walaupun guru tersebut bukan tarnatan dari jurusan pendidikan bahasa Arab namun beliau rnenguasai rnateri pernbelajaran bahasa Arab dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagairnana irnplernentasi metode menghafal kosa kata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan. 2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi metode menghafal kosa kata dalam pembelajaran bahasa Arab siswa MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Fie! research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengurnpulan data adalah metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisi data yang digunakan analisis data kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan antara lain : Proses pembelajaran bahasa Arab di MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan berjalan dengan baik dan lancar, terbukti pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode yang membuat anak semakin baik dalam prestasi dan pemahaman tentang pembelajaran bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan rncnggunakan rnetode menghafal, menghafal disini adalah menghafal kosa kata dari rnateri pcmbelajaran bahasa Arab. Dalarn pelaksanaanya rnetode menghafal kosa kata sudah sesuai tujuan dari pembelajaran yang ingin dicapai. Irnplementasi metode rnenghafal kosa kata dalarn pembelajaaran bahasa Arab di MTs SS Proto Kedungwuni Pekalongan mcmiliki beberapa faktor pendukung dan faktor penghampat dalarn pelaksananya yaitu : Faktor yang mendukung diantaranya : Adan ya moti vasi dan kesabaran dari guru pengampu dalarn mengajar bahasa Arab. motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab, penerapan metode pernbelajaran yang tepat dan guru yang ahli dalam bidang bahasa Arab. Faktor yang mcnghambat antara lain : 60% sis« a lulusan SD yang awam tentang pelajaran bahasa Arab. minat dalam pernbclajaran bahasa Arab kurang karena siswa lebih fokus kepada pelajaran L;?\_ pernhiasaan berbahasa Arab di sekolah cendcrung lcbih sulit dari pada bcrbuhasu lndoncsia. kcmampuan siswa yang bcrbeda clan iidak ada contoh langsung tcntang pcrcakapan bahasa Arab di luar kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBasyar, KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menghafal, Kosa Kata, Pembelajaran
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 12 Feb 2024 09:03
Last Modified: 12 Feb 2024 09:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7081

Actions (login required)

View Item View Item