Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Berpikir Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 4 Bojong Kabupaten Pekalongan

Widyastuti, Dwi (2023) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Berpikir Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMP Negeri 4 Bojong Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118281_DWI WIDYASTUTI BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2118281_DWI WIDYASTUTI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam harus mendorong partisipasi siswa memahami materi. Pendekatan ini melibatkan korelasi materi yang diajarkan dengan kehidupan aktual siswa guna meningkatkan pemahaman. Namun, faktanya banyak siswa menganggap Pendidikan Agama Islam ialah mata pelajaran sulit. Salah satunya yaitu nilai dari siswa dibawah rata rata. Penurunan hasil belajar ini mungkin ada sangkut pautnya dengan tidak adanya cara berpikir kritis dan berpikir kognitif pada siswa. Berpikir kritis adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang dalam mencari ilmu pengetahuan dengan aktif menggali informasi disampaikan orang lain serta mencari alasan dari informasi yang dicari, dengan cara mengevaluasi, guna melihat perbedaan antara realitas serta kebenaran berlandaskan hal ideal, serta menganalisis dan langkah untuk memecahkan suatu masalah. Kemampuan berpikir kognitif merupakan aktivitas mental yang berkolerasi dengan kapasitas pengenalan yang bersifat mental serta direpresentasikan oleh suatu objek pada citra mental individu, baik berupa simbol, jawaban, gagasan, serta nilai atau pertimbangan. Sehingga aspek kognitif sangat penting sebab sebagian besar aktivitas pembelajaran berkorelasi pada mengingat serta berpikir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan berfikir kritis dan berfikir kognitif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kausalitas sebab-akibat. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling jenuh dan didapatkan hasil 100 responden kelas VII SMP 4 Bojong. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket berfikir kritiis dan berfikir kognitif yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh akan diolah menggunakan analisis regresi linear. Hasil penelitian yang dianalisis menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel berpikir kritis (X1) terhadap hasil belajar (Y), variabel berpikir kognitif (X2) terhadap hasil belajar (Y), dan terdapat pengaruh antara variabel berpikir kritis (X1) dan berpikir kognitif (X2) terhadap hasil belajar (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lyah DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Berpikir kognitif, berpikir kritis, hasil belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:33
Last Modified: 13 Feb 2024 03:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7089

Actions (login required)

View Item View Item