Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik MTs Daarul Ishlah Tombo

Zen, Abdurrahman (2023) Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik MTs Daarul Ishlah Tombo. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119167_ABDURRAHMAN ZEN BAB I-V.pdf

Download (14MB)
[img] Text
2119167_ABDURRAHMAN ZEN FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah proses pelatihan dan pengembangan pengetahuan, keterampilan, fikiran, karakter dan seterusnya, khususnya lewat persekolahan formal. Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh guru adalah kompetensi kepribadian. Kompetensi kepribadian guru memiliki beberapa indikator diantaranya ialah: berakhlak mulia, beriman dan bertakwa, religius, mantap, stabil, dewasa, arif , bijaksana dan berwibawa.. Pendidikan karakter religius merupakan suatu strategi pembentukan perilaku anak, dimana pendidikan karakter religius adalah landasan awal untuk menciptakan generasi yang mempunyai moral atau akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan, 1. Untuk mengidentifikasi persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru PAI di MTs. Daarul Ishlah Tombo. 2. Untuk mengidentifikasi pembentukan karakter religius peserta didik di MTs. Daarul Ishlah Tombo. 3. Untuk menganalisis adakah pengaruh persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru PAI terhadap pembentukan karakter religius peserta didik MTs. Daarul Ishlah Tombo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian Korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah 75 peserta didik MTs. Daarul Ishlah Tombo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket/kuisioner dan juga wawancara. Yang dipaparkan menggunakan teknik analisis Regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1. hasil analsis deskripsi skor angket variabel persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru PAI memiliki skor minimum sebesar 57 dan skor maksimum 79 dengan memiliki rata-rata 69,28 dengan kategori tinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa Persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian guru PAI sangat baik, 2. Dilihat dari hasil analisis statistik deskripsi menunjukan bahwa hasil skor jawaban angket responden yang berjumlah 75 peserta didik memiliki jumlah skor minimum 45 dan maksimum 78 dengan rata-rata 65,60 yaitu kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Pembentukan karakter religius peserta didik Di MTs. Daarul Ishlah Tombo sangat baik, 3. hasil regresi dan Uji T sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai adjusted R square (R2) sebesar 0,172 =17,2% maka dapat disimpulkan bahwa variabel persepsi peserta didik tentang kompetensi kepribadian Guru PAI berpengaruh positif terhadap variabel pembentukan karakter religius peserta didik MTs. Daarul Ishlah Tombo sebesar 17,2%. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan dan masukan kepada madrasah, Guru PAI dan peserta didik MTs. Daarul Ishlah untuk Meningkatkan kompetensi kepribadian guru dan juga karakter religius peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kompetensi Kepribadian, Karakter Religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 15 Feb 2024 08:18
Last Modified: 15 Feb 2024 08:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7116

Actions (login required)

View Item View Item