Pembelajaran ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an dalam mengembangkan kualitas tilawah siswa di SMA Negeri 1 Wonotunggal

Rakhmawati, Indah (2023) Pembelajaran ekstrakurikuler seni baca Al-Qur’an dalam mengembangkan kualitas tilawah siswa di SMA Negeri 1 Wonotunggal. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119083_INDAH RAKHMAWATI BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2119083_INDAH RAKHMAWATI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca al-Qur’an beberapa siswa yang masih di tahap standar dalam hal lagu. Kemampuan tersebut disebabkan karena kurang bersemangatnya siswa untuk menggunakan lagu atau nagham sehingga lagu yang digunakan masih standar. Selain itu adanya ekstrakurikuler seni baca al-Qur’an di SMA Negeri 1 Wonotunggal ini dapat membuat nilai positif bagi sekolah, karena SMA Negeri 1 Wonotunggal merupakan sekolah satu-satunya yang menyelenggarakan pembelajaran ekstrakurikuler tersebut. Sehingga walaupun dikatakan sebagai sekolah negeri namun daya saing di bidang al-Qur’an tidak rendah. Hal itu dapat meminimalisir kenakalan pada siswa. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an dalam Mengembangkan Kualitas Tilawah di SMA Negeri 1 Wonotunggal? Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Seni Baca Al-Qur’an dalam Mengembangkan Kualitas Tilawah di SMA Negeri 1 Wonotunggal? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah pembina, pelatih, kepala sekolah, waka kesiswaan, dan siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni baca al-Qur’an di SMA Negeri 1 Wonotunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan dipersiapkan segala perangkat dan materi yang akan disampaikan kepada siswa, pada tahap pelaksanaan meliputi pendahuluan yaitu dari salam sampai praktik, dan terakhir yaitu penutup dengan membaca surat al-Fatihah, yang terakhir yaitu tahap evaluasi yaitu siswa ditunjuk satu persatu untuk mempraktikkan maqro’ yang sudah dipelajari, dengan tujuan mengetahui tingkat kemampuan siswa. Adapun faktor yang mendukung yaitu minat dan bakat siswa, kemauan belajar yang tinggi, dukungan orang tua (keluarga), sarana prasarana sekolah, dan juga lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya niat, kurangnya minat dan bakat, dan kurangnya dukungan dari keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayat, M. MujibUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni Baca Al-Qur’an, Tilawah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 19 Feb 2024 04:40
Last Modified: 19 Feb 2024 04:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7146

Actions (login required)

View Item View Item