Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningaatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa

Handayani, Fitri (2023) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningaatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119335_FITRI HANDAYANI BAB I-V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
2119335_FITRI HANDAYANI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui pembelajaran individual di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Dalam penelitian ini, peneliti lebih memfokuskan pada strategi pembelajaran Al-Qur’an berupa strategi pembelajaran individual. Strategi pembelajaran individual adalah strategi pembelajaran yang dilakukan dengan memperhatikan tingkat kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik. Selain itu, melalui strategi pembelajaran individual ini guru juga dapat memantau perkembangan siswa secara individu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui pembelajaran Individual, bagaimana permasalahan yang muncul dalam penerapan strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui pembelajaran Individual, serta solusi yang tepat dalam penerapan strategi pembelajaran yang dilaksanaan oleh guru PAI dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui pembelajaran Individual di SMP Negeri 2 Kajen kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMP Negeri 2 Kajen yaitu dapat dilakukan melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di awal pembelajaran dan pengelompokkan siswa sesuai dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. Kedua, permasalahan yang muncul dalam penerapan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI yaitu keterbatasan waktu, sarana dan prasarana serta rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Ketiga, solusi yang dapat digunakan dalam mengatasi permasalahan yang muncul dalam penerapan strategi pembelajaran oleh guru PAI yaitu dengan memberikan motivasi melalui cerita realita dan memberikan jam tambahan yang dapat digunakan siswa untuk belajar membaca Al-Qur’an di luar jam pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Pembelajaran Individual
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 20 Feb 2024 04:21
Last Modified: 20 Feb 2024 04:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7155

Actions (login required)

View Item View Item