Fahmi, Amiq Khoirul (2023) Implikasi Hasil Belajar Fikih Dengan Keaktifan Menjalankan Salat Siswa Kelas VII MTs Nurul Huda Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2021116198_AMIQ KHOIRUL FAHMI BAB I-V.pdf Download (8MB) |
|
Text
2021116198_AMIQ KHOIRUL FAHMI FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Hasil belajar peserta didik pada hakikatnya merupakan perubahan tingkah laku setelah melalui proses pembelajaran. Penilaian dan pengukuran hasil belajar dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, terutama hasil belajar kognitif berkenaan dengan penguasaan bahan pembelajaran sesuai dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran. Keaktifan menjalankan salat sangat penting untuk dilaksanakan oleh seseorang dalam menjalankan salat di sekolah, karena merupakan fardlu ain bagi setiap muslim. Di MTs Nurul Huda Tlogorejo pada semester pertama di kelas VII telah diajarkan materi tentang Salat. Dan pencapaian hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi ini bervariasi. Karena pada dasarnya secara kognitif, siswa yang mempunyai nilai tinggi tentu mempunyai pemahaman lebih tinggi pula jika dibandingkan dengan siswa lain yang mempunyai nilai lebih rendah. Tapi terkadang ada peserta didik yang nilai kognitif pelajaran Fikihnya tinggi namun sisi afektifnya rendah karena mengabaikan praktik penerapan ilmu fikih di kehidupan sekolah tiap harinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Terdapat 30 sampel yang diambil dari semua populasi sebesar 30 siswa. Uji instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji realibilitas menggunakan bantuan program spss 26. Uji prasyarat dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan hasil belajar fikih dengan keaktifan menjalankan salat siswa kelas VII MTs Nurul Huda Tlogorejo. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji T dengan hasil sig. 0,000 > 0,05 dan Thitung 7,949 > Ttabel 1,70113 = Ho ditolak dan Ha diterima, dan dibuktikan berdasarkan uji F Sig. 0,00 < 0,05, dan Fhitung 63,183 > Ftabel 4,171 = Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian hasil dari koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,693, yang berarti hubungan hasil belajar fikih dengan keaktifan menjalankan salat siswa kelas VII berdasarkan perhitungan menggunakan rumus koefisien determinasi 69%. Sedangkan sisanya 31% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak tercantum dalam penelitian. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat implikasi hasil belajar fikih dengan keaktifan menjalankan salat siswa kelas VII MTs Nurul Huda Tlogorejo Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Fikih, Keaktifan Menjalankan Salat | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 20 Feb 2024 07:16 | ||||||||
Last Modified: | 20 Feb 2024 07:16 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7165 |
Actions (login required)
View Item |