Korelasi antara Prestasi Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Kepatuhan Peraturan Sekolah di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Pemalang.

Lestari, Rohmawati (2023) Korelasi antara Prestasi Siswa dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Kepatuhan Peraturan Sekolah di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2021216022_ROHMAWATI LESTARI BAB I-V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2021216022_ROHMAWATI LESTARI FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penerapan akhlak dalam kehidupan sehari-hari sangat erat kaitannya dengan ketaatan pada Peraturan sekolah. Jika akhlak siswa baik, maka mereka akan mengikuti semua peraturan yang berlaku di sekolah. Demikian pula prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akhlak Akidah tidak menutup kemungkinan adanya korelasi dengan kepatuhan santri dalam peraturan sekolah. Untuk membuktikan itu maka perlunya diteliti berkaitan dengan korelasi antara kedua variabel tersebut. Rumusan Masalah bedasarkan latar tersebut adalah bagaimana prestasi mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah, bagaimana tingkat kepatuhan terhadap peraturan sekolah siswa kelas VIII MTs Asy Syafi’iyah, dan bagaimana Korelasi antara prestasi siswa dalam mata pelajaran Akidah akhlak dengan kepatuhan peraturan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari korelasi atau hubungan antara prestasi siswa dalam mata pelajaran Akidah akhlak dengan kepatuhan peraturan di sekolah pada siswa Kelas VIII Di MTs Asy Syafi’iyah. Untuk kemudian menjadi bahan empirik dalam menentukan strategi berkaitan dengan prestasi belajar siswa dan korelasinya terhadap kepatuhan siswa terhadap peraturan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. dimana metode ini digunakan untuk mengetahui korelasi atau nilai hubungan antara prestasi siswa dalam mata pelajaran Akidah akhlak dengan kepatuhan peraturan di sekolah pada siswa Kelas VIII Di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik kuisioner, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh lalu dianalisis dengan analisis statistik dengan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa ada korelasi yang positif antara prestasi siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak dengan tingkat kepatuhan terhadap kepatuhan peraturan di sekolah pada siswa Kelas VIII Di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal, dengan perhitungan: 1. dari perhitungan rata-rata prestasi Aqidah Akhlak diketahui nilainya sebesar 87,03 termasuk dalam kategori sedang yang terletak pada interval 83-87, 2. dari perhitungan rata-rata tingkat kepatuhan peraturan sekolah diketahui nilainya sebesar 86,60 yaitu pada interval 85-90 dan termasuk dalam kategori sedang. 3. sesuai perhitungan dengan menggunakan rumus korelasi product moment diperoleh nila rxy sebesar 0,887 dan dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% maka hasilnya 0,887 >0,220 maka hasilnya signifikan. Artinya hipotesis yang menyatakan bahwa “prestasi siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlak dengan tingkat kepatuhan terhadap kepatuhan peraturan di sekolah pada siswa Kelas VIII Di MTs Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal” diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Prestasi Akidah Akhlak, Kepatuhan Peraturan Sekolah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 20 Feb 2024 09:32
Last Modified: 20 Feb 2024 09:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7174

Actions (login required)

View Item View Item