Pengaruh pembelajaran matematika berbasis humanistik terhadap pemahaman konsep matematika di SMP NU Kajen

Nurrahmawati, Lily (2024) Pengaruh pembelajaran matematika berbasis humanistik terhadap pemahaman konsep matematika di SMP NU Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid.

[img] Text
2619010_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2619010_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rasa malas, takut terhadap Pelajaran matematika yang membuat pemahaman siswa terhadap materi matematika rendah. Peneliti melakukan observasi awal di SMP NU Kajen dan ditemukan bahwa adanya masalah pemahaman konsep matematika siswa. Pada penelitian ini menggunakan siswa kelas VII SMP. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui rumusaan masalah yaitu “bagaimana pengaruh penerapan pembelajaran matematika berbasis humanistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa” Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh pembelajaran matematika berbasis humanistik terhadap pemahaman konsep matemaatika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes tertulis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, observasi secara langsung. Hasil penelitian ini bahwa hasil tes tertulis dari kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan rata-rata nilai pos-test lebih tinggi 82,75 dari pada nilai rata-rata pos-test kelas kontrol 68,31

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Matematika, Humanistik
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 Feb 2024 04:03
Last Modified: 25 Apr 2024 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7179

Actions (login required)

View Item View Item