Penerapan Metode Make A Match Melalui Media Kartu Bergambar Dalam Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas VII MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan

Maelah, Titik Nur (0021) Penerapan Metode Make A Match Melalui Media Kartu Bergambar Dalam Pembelajaran Mufradat Siswa Kelas VII MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2219063_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2219063_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berdasarkan wawancara yang peneliti lakukan dengan Ibu Rohmatun Nurul Awaliyah, S.Pd selaku guru mata pelajaran bahasa Arab di MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan, diperoleh bahwa peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mempelajari pelajaran bahasa Arab. Peserta didik masih menganggap bahwa pelajaran bahasa Arab adalah mata pelajaran yang susah. Maka diperlukan adanya suatu metode pembelajaran yang tepat agar siswa mampu menyerap dengan baik mufradāt yang disampaikan oleh guru. Salah satunya adalah dengan menggunakan metode Make A Match dimana merupakan metode pembelajaran yang menyenangkan dalam memahami mufradāt. Selain metode pembelajaran, media juga diperlukan sebagai perantara berlangsungnya kegiatan proses belajar mengajar. Adapun media yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan media kartu bergambar. Berdasarkan latar belakang yang peneliti paparkan, maka rumusan masalah yang penulis pilih untuk dijadikan fokus dalam penelitian ini bagaimana penarapan metode Make A Match melalui media kartu bergambar dalam pembelajaran mufradāt kelas VII di MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dari penarapan metode Make A Match melalui media kartu bergambar dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas VII di MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan metode Make A Match melalui media kartu bergambar dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas VII di MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari penarapan metode Make A Match melalui media kartu bergambar dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas VII di MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskripstif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan metode make a match melalui media kartu bergambar dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas VII MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan sudah baik, namun dalam penggunaan media kartu bergambar masih terdapat hambatan yang terjadi dan masih perlu diperbaiki lagi baik dari segi medianya maupun fasilitas yang dimiliki sekolah. xiii Adapun tujuan dari penerapan metode make a match melalui media kartu bergambar dalam pembelajaran mufradāt siswa kelas VII MTsS Hidayatul Athfal Kota Pekalongan adalah untuk mengungkapkan daya ingat terhadap materi pelajaran yang dipelajari oleh siswa serta dapat mengurangi kejenuhan selama pembelajaran, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFathuddin, Ahmad UbaediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Make A Match, Pembelajaran Mufradāt
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:23
Last Modified: 22 Feb 2024 01:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7186

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item