Implementasi metode mind mapping untuk meningkatkan kualitas hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IX B di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan

Nuriah, Sania (2023) Implementasi metode mind mapping untuk meningkatkan kualitas hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas IX B di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119369_SANIA NURIAH BAB I-V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2119369_SANIA NURIAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memilih dan menguasai metode serta strategi dalam pembelajaran karena salah satu bagian yang dapat menentukan keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Dari berbagai metode pembelajaran salah satunya yaitu metode mind mapping. Metode ini siswa dapat menuangkan ide kreativitas berupa gambar, tulisan, serta warna dan metode ini disajikan dengan ringkas sehingga siswa mudah memahami dan menghafal materi pelajaran khususnya mata pelajaran al-qur’an hadits. Rumusan masalah penelitian: (1) Bagaimana kualitas hasil belajar siswa kelas IX B dengan implementasi metode mind mapping pada mata pelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode mind mapping untuk meningkatkan kualitas hasil belajar pada mata pelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan?. Tujuan penelitian ini secara teoritis untuk menambah wawasan maupun pengetahuan ilmu pendidikan khususnya mengenai metode mind mapping yang diterapkan di Madrasah Al Utsmani Kajen Pekalongan serta bahan pertimbangan dan studi pendidikan bagi pengembang pendidikan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar, serta tujuan praktis yaitu untuk menambah pengetahuan mengenai metode mind mapping pada mata pelajaran al-qur’an hadits, dan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan, pembelajaran di kelas lebih aktif, serta memudahkan pembelajaran dengan metode yang lebih efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IX B di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kualitas hasil belajar pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas IX B terlaksana baik dan berjalan efektif karena melalui tahapan yang sempurna. Hasil dari penerapan metode mind mapping di madrasah tsanawiyah al utsmani kajen pekalongan memberikan dampak yang baik bagi siswa, hal ini diawali karena faktor dari siswanya yang semangat dalam belajar dengan metode mind mapping, dampak yang didapatkan siswa dapat lebih kreatif serta menumbuhkan minat belajar siswa serta dapat meningkatkan kualitas hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Mind Mapping, Kualitas Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:52
Last Modified: 22 Feb 2024 04:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7221

Actions (login required)

View Item View Item