Implementasi metode arba’in dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Subhanah Subah

Abdiansyah, M. Faris (2023) Implementasi metode arba’in dalam pembelajaran kitab kuning di pondok pesantren Subhanah Subah. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2021116292_M. FARIS ABDIANSYAH BAB I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2021116292_M. FARIS ABDIANSYAH FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Metode arba’in merupakan sebuah pengembangan dari metode sorogan, yaitu metode yang lebih berpusat pada siswa. Metode Arba’in juga dianggap sebagai metode praktis dan tergolong baru dalam mempermudah santri untuk mempelajari kitab kuning, karena dalam tahapan menghafal materi atau teori dalam metode arba’in ini merupakan ringkasan dari kitab nahwu shorof baik itu Jurumiyah, Imrithi, Alfiah dan sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode arba’in dalam pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Subhanah Subah dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan metode arba’in dalam pembeajaran kitab kuning di Pondok esantren Subhanah Subah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat di Pondok Pesantren Subhanah Kecamatan Subah.Sumber data primer dalam penelitian ini adalah Ustadz/Gura dan santri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Ternik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode arba’inmemiliki beberapa tahapan dalam penerapanya, yaitu menghafal materi, deteksi kaimat/tarkib, I’lal dan memaknai. Faktor pendukung antara lain adalah adanya kesadaran diri santri yang baik, Kyai atau ustadz sudah paham dan mengusai metode arba’ain serta penerapannya, tersedianya sarana dan prasarana atau fasilitas yang mendukung proses pembelajaran, dan dukungan orang tua terhadap program Pondok Pesantren dan faktor Penghambat antara lain adalah kemampuan daya ingat santri yang berbeda-beda dan kemampuan membaca Arab pegon santri yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Arba’in, Kitab Kuning
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 22 Feb 2024 08:12
Last Modified: 22 Feb 2024 08:12
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7257

Actions (login required)

View Item View Item