Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian peserta didik jurusan keperawatan di SMK Medika Pekalongan.

Ulviana, Ulviana (2019) Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian peserta didik jurusan keperawatan di SMK Medika Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pendidikan di sekolah terutama pendidikan agama mempunyai peranan yang sangat besar dalam pembentukan kepribadian. Pendidikan kepribadian merupakan usaha sekolah yang dilakukan bersama guru, pimpinan dan warga sekolah melalui kegiatan sekolah untuk membentuk akhlak, watak atau kepribadian peserta didik melalui berbagai kebaikan yang terdapat dalam ajaran agama yang melahirkan kepribadian muslim yaitu mampu mencetak insan al kamil yang dapat menunjukkan integrasi antara ilmu pengetahuan keperawatan dengan muatan ajaran Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada tiga, yaitu Bagaimana implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMK Medika Pekalongan?, Kepribadian peserta didik yang seperti apa yang diharapkan di SMK Medika Pekalongan?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Medika pekalongan?. Tujuan untuk Mendeskripsikan implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian peserta didik jurusan keperawatan di SMK Medika Pekalongan, Mengetahui kepribadian peserta didik yang diharapkan di SMK Medika Pekalongan, Menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk kepribadian peserta didik di SMK Medika Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach), pendekatan penelitiannya yaitu kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kepribadian peserta didik menggunakan metode diskusi untuk melatih mental peserta didik. Kepribadian peserta didik yang diharapkan yaitu sholih sholikhah, sopan santun, mandiri, disiplin, bertanggung jawab, serta menjadi lulusan keperawatan yang pemberani, trampil, dan profesional, yang dapat bermanfaat untuk masyarakat luas. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Medika Pekalongan yaitu guru, peserta didik, sarana prasarana, lingkungan, kondisi kelas, dan keragaman karaketristik peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kepribadian Peserta Didik.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 15 Jun 2020 06:33
Last Modified: 15 Jun 2020 06:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item