Analisis faktor minat nasabah dalam memilih produk simpanan berjangka di KSPPS BTM Pekalongan cabang Wonopringgo

Maulana, Moh. Syaiful (2018) Analisis faktor minat nasabah dalam memilih produk simpanan berjangka di KSPPS BTM Pekalongan cabang Wonopringgo. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Baba I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Simpanan berjangka Mudharabah merupakan simpanan dana dengan akad Mudharabah dimana pemilik dana (shahibul maal) mempercayakan dananya untuk dikelola bank (Mudharib) dengan bagi hasil sesuai dengan nisbah yang disepakati sejak awal. Permasalahan yang diteliti adalah Bagaimana minat nasabah dalam memilih produk simpanan berjangka mudharabah di KSPPS BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo, serta Apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam memilih produk simpanan berjangka mudharabah di KSPPS BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo. Tujuan penelitian Untuk mengetahui minat nasabah dalam memilih produk simpanan berjangka serta Untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi minat nasabah menabung. Manfaat dalam penelitian ini terdiri dari 2 unsur yaitu Bagi KSPPS BTM Pekalongan Cabang Bligo dengan adanya penelitian ini diharapkan agar BTM Bligo mampu meningkatan kualitas profesionalnya dan sebagai bahan koreksi atas kinerjanya. Manfaat bagi penulis agar dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selama perkuliahan. Metode Penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan ada dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian minat nasabah terhadap produk simpanan berjangka di KSPPS BTM Pekalongan Cabang Wonopringgo jumlah nasabah mengalami peningkatan dalam tiga tahun terakhir yaitu mencapai 152 nasabah. Pada tahun 2016 terdapat 47 nasabah, 2017 terdapat 50 nasabah, dan pada tahun 2018 mengalami peningkatan menjadi 55 nasabah. Untuk faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah ada 6 yaitu kepercayaan nasabah, pelayanan yang ramah, halal sesuai dengan prinsip syariah, bisa dijadikan jaminan pembiayaan, sistem jemput bola yang memudahkan, dan bagi hasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAji, GunawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Nasabah, Simpanan Berjangka, Mudharabah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: Ridho Aji Anggana
Date Deposited: 27 Apr 2020 04:53
Last Modified: 27 Apr 2020 04:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/73

Actions (login required)

View Item View Item