Pengaruh Reward and Punishment terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan

Maelah, Maelah (2019) Pengaruh Reward and Punishment terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Dalam dunia pendidikan reward and punishment adalah sesuatu yang penting, apabila reward and punishment tersebut mampu memberikan motivasi belajar siswa. Reward and punishment dijadikan salah satu cara untuk memberikan dorongan (motivasi) agar mau berbuat baik. Meskipun adanya reward and punishment ini hanya untuk memotivasi siswa saja, namun jika diterapkan secara efektif, akan membuahkan hasil yang baik. Berdasarkan uraian diatas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:(1) Bagaimana reward and punishment dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan, (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas XI dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan, (3) Bagaimana pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mendeskripsikan reward and punishment dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan, (2)Untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan, (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Adapun kegunaan secara praktis yaitu, sebagai informasi dan masukan bagi guru-guru di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Adapun variabel dalam penelitian ini, terdiri dari dua variabel, yaitu variabel X (reward and punishment) dan variabel Y (motivasi belajar). Adapun populasinya adalah siswa kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Jumlah sampel penelitian ini adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan rumus korelasi regresi linier sedehana. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka dapat diketahui bahwa reward and punishment termasuk kategori baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil angket tentang reward and punishment siswa kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan sebesar 45 berada di interval distribusi frekuensi 43 – 45. Motivasi belajar termasuk kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata hasil angket tentang motivasi belajar siswa kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan sebesar 43,61 berada di interval disribusi frekuensi 40 – 44. Dan adapengaruh antara reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran PAI kelas XI di MA Salafiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni Pekalongan. Hal ini di buktikan darit tabel pada taraf signifikan 1% diperoleh 2,728. Sehingga thitung 12,856 > t tabel 2,728. Sedangkan t tabel pada taraf signifikan 5% ialah 2,032. Sehingga thitung 12,856 > t tabel 2,032. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 1% dan 5 % terdapat pengaruh yang signifikan antara Reward and Punishment (X) dengan Motivasi Belajar (Y). Adapun besar pengaruh reward and punishment terhadap motivasi belajar siswa sebesar 82,9%, sedangan 17,1% motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain seperti teman sebaya, lingkungan, keluarga, dan lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Reward, punishment, motivasi belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:10
Last Modified: 15 Jun 2020 07:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/730

Actions (login required)

View Item View Item